SOLOPOS.COM - Ilustrasi terbangun di tengah malam (Sleephub.com)

Tips kesehatan mengulas alasan sering bangun saat tidur malam.

Solopos.com, SOLO — Apakah Anda sering tiba-tiba terbangun di tengah malam? Tak perlu khawatir, hal ini ternyata kondisi yang normal dan lumrah terjadi pada banyak orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari laman Huffingtonpost pada Sabtu (19/3/2016), berikut ini alasan serta penjelasan mengenai tidak adanya bahaya kesehatan, pada orang yang sering terbangun di malam hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagian besar orang terbangun sebanyak dua hingga tiga kali dalam semalam. Pada wanita berusia 50 ke atas, mereka bahkan dapat terbangun tiga hingga empat kali sepanjang malam.

Sebenarnya, penelitian telah menunjukkan bahwa manusia yang hidup ribuan tahun lalu, cenderung tidur nyenyak selama tiga hingga empat hari, dan dapat terbangun beberapa kali dalam semalam.

Terbangun beberapa kali dalam semalam merupakan bagian dari siklus tidur yang dimiliki manusia. Siklus tidur manusia umumnya selama satu hingga dua jam. Jika sesuatu mengganggu siklus tersebut, kita dapat bangun secara tiba-tiba.

Orang-orang terkadang merasa terganggu saat terbangun pada waktu yang sama. Namun, hal ini tidak perlu dikahawatirkan. Kejadian ini menandakan mekanisme waktu tidur yang baik. Tubuh menyusun waktu tidur yang konstan setiap malam, hal ini juga menandakan kesehatan yang baik. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya