SOLOPOS.COM - Ilustrasi adonan pisang untuk obat batuk anak (Healthylivinghouse.com)

Tips kesehatan kali ini memaparkan adonan pisang yang berfungsi untuk obat batuk anak.

Solopos.com, SOLO — Peralihan antara dua musim, hujan dan kemarau bisa membuat anak mudah terjangkit batuk. Terlebih, ketika daya imun buah hati sedang menurun.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Menghadapi kondisi batuk anak, sebagai orang tua Anda tak perlu risau. Cukup gunakan dua pisang untuk meredakan batuk si kecil.

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Cuisineandhealth, Senin (4/1/2016), pisang yang dicampur dengan air dan gula, efektif untuk menyembuhkan batuk anak.

Takaran bahan-bahan yang digunakan untuk menyembuhkan batuk anak ini sederhana, yaitu dua pisang matang, dua sendok makan gula, dan 400 ml air mendidih.

Pertama, kupas kulit pisang. Lalu haluskan pisang dengan sendok atau garpu. Kedua, tambahkan gula, aduk rata. Ketiga, tuangkan air mendidih dan aduk rata. Diamkan adonan tersebut sekitar 30 menit. Keempat, saring adonan tersebut, sehingga Anda mendapatkan tekstur yang lembut.

Minumkan adonan pisang itu kepada anak Anda sebanyak empat kali sehari dengan takaran 100 ml per konsumsi, dengan jarak waktu dua jam.

Dengan memberikan adonan pisang ini kepada anak, Anda tak perlu membeli obat mahal untuk si buah hati.

Selain bisa menyembuhkan batuk, adonan pisang ini bermanfaat pula untuk pecernaan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya