SOLOPOS.COM - Ilustrasi mata sehat (Pixorange.com)

Tips kesehatan mata bisa Anda dapatkan di sini!

Solopos.com, SOLO — Untuk menjaga kesehatan mata, Anda dapat memanfaatkan lima bahan makanan dalam ulasan tips kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (25/2/2016), berikut ini adalah bahan makanan yang enak sekaligus dapat menyehatkan mata.

Wortel
Wortel memiliki kandungan Betakaroten yang tinggi. Zat ini bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena penurunan ketajaman penglihatan serta katarak.

Vitamin A yang terkandung dalam sayuran oranye ini merupakan senyawa yang baik untuk merawat organ penglihatan. Hal ini karena vitamin A berperan melindungi kornea mata.

Salmon dan Ikan Sarden
Ikan salmon dan sarden kaya akan kandungan Omega 3. Senyawa ini berperan untuk memproduksi serta meningkatkan fungsi sel, organ, dan otot dalam tubuh. Kaitannya dengan penglihatan, Omega 3 berperan dalam menurunkan resiko penurunan penglihatan serta mencegah mata kering.

Kuning Telur
Kuning telur merupakan sumber antioksidan utama. Dalam bahan makanan ini, terdapat senyawa Lutein dan Zeaxanthin. Dua senyawa ini memilki kandungan zat besi tinggi. Selain itu, keduanya berperan menurunkan risiko penyakit Macular Degeneration.

Tomat
Buah tomat memiliki kandungan Carotenoids yang meliputi Lycopene. Berdasarkan penelitian, Lycopene dapat berperan mencegah kerusakan pada retina serta bagian organ mata yang lain. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi.

Madu
Madu dikenal dapat meningkatkan kesehatan mata sejak dahulu. Cara benar memanfatkam madu untuk merawat mata, adalah dengan mengoleskan beberapa tetes madu pada bagian atas dan bawah mata sebelum tidur. Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan secara rutin serta pastikan Anda menggunakan madu alami. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya