Talok atau kersen (wikipedia.org)

Tips kesehatan kali ini membahas apa saja manfaat buah talok bagi kesehatan tubuh.

Solopos.com, SOLO — Pohon kersen atau yang lebih dikenal dengan nama talok banyak kita jumpai di areal permukiman. Daunnya yang rimbun membuat warga memilihnya menjadi peneduh di halaman rumah.

Buah talok yang juga dikenal sebagai cherry jawa ternyata mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Inilah sejumlah manfaat buah talok bagi kesehatan, dihimpun dari linkedin.com, baru-baru ini :

1. Antibakteri
Buah talok memiliki banyak senyawa yang berguna sebagai antibakteri yang kuat.

2. Mengobati Encok
Buah talok memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh encok. Dengan mengonsumsi 9-12 buah talok tiga kali sehari dapat mengobati rasa sakit pada encok.

3. Mengatasi Diabetes
Buah talok dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes, karena senyawa di dalam buah talok bermanfaat mengurangi kadar gula darah berlebihan.

4. Kaya Antioksidan
Buah ini memiliki jumlah vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C itu menjadi antioksidan yang kuat untuk mencegah masuk angin, flu, dan bahkan penyakit kardiovaskular. 100 gram buah talok menghasilkan 150mg vitamin C.

5. Mencegah Nyeri
Daun dari pohon talok dapat dibuat menjadi teh yang digunakan untuk mencegah rasa nyeri pada tubuh.

6. Mencegah Kanker
Menurut penelitian, daun talok memiliki kemampuan untuk menjadi antikanker.

7. Menurunkan Tekanan Darah
Teh yang terbuat dari daun talok dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung nitrat oksida yang melemaskan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah.

8. Antiseptik
Bunga talok dapat direbus dan digunakan sebagai antiseptik yang baik untuk luka kulit dan dapat mengobati kram perut.

9. Meringankan Sakit Kepala
Memakan buah talok dan meminum teh yang terbuat dari daun pohon talok dapat meringankan sakit kepala.

10. Selain manfaat di atas, buah talok juga mengandung serat, air, karbohidrat, protein untuk memperkuat otot, kalsium, fosfor yang berguna bagi tulang, zat besi untuk mengobati anemia, dan vitamin B untuk menjaga suasana hati tetap baik. (Bimo Putra W./JIBI/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten