SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang bangun tidur (Bradleygauthier.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas tentang cara deteksi gangguan dalam tubuh.

Solopos.com, SOLO — Pukul berapa Anda biasa bangun tidur? Saat dini hari atau malah ketika matahari sudah terbit? Lewat waktu kebiasaan bangun tidur, Anda bisa mendeteksi gangguan kesehatan Anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Healthyandnaturalhouse, Rabu (16/3/2016), dalam ilmu pengobatan Tiongkok kuno, kesehatan setiap orang bisa terpantau melalui pukul berapa seseorang biasa bangun tidur.

Dalam pengobatan Tiongkok ini, ada istilah meridian yang berhubungan dengan saluran energi dalam tubuh manusia. Aliran meridian inilah yang mempengaruhi kesehatan tubuh manusia.

Ekspedisi Mudik 2024

Apabila meridian ini tidak lancar di satu titik organ manusia, maka akan terjadi penumpukan energi. Ketika energi ini terhambat, orang akan terbangun dari tidur.

Perhatikanlah kembali rutinitas bangun tidur Anda. Ketika secara konsisten Anda bangun tidur di waktu yang sama setiap hari, kemungkinan ada gangguan kesehatan di bagian tubuh tertentu.

Berikut ulasan gangguan kesehatan dalam tubuh, sesuai waktu kebiasaan seseorang bangun tidur.

Antara Pukul 21.00-23.00
Pukul 21.00-23.00 malam adalah waktu rata-rata orang mulai terlelap. Jika Anda secara konsisten sulit tidur di rentang waktu tersebut, kemungkinan ada gangguan psikis dalam diri Anda, seperti kecemasan berlebihan dan merasa tak aman.

Atasilah kondisi sulit tidur atau tiba-tiba terbangun di waktu tersebut dengan bermeditasi, agar hati dan pikiran tenang. Jika secara terus menerus Anda kesulitan tidur, sistem kekebalan tubuh Anda akan terganggu.

Antara Pukul 23.00-01.00
Saat Anda sudah tidur, lalu entah mengapa selalu bangun di antara pukul 23.00 malam-01.00 dini hari, tandanya ada yang tak beres dengan kandung empedu Anda. Meridian tertahan di bagian ini. Hal tersebut bisa dipicu karena sifat Anda yang suka menghakimi diri sendiri atau orang lain. Cobalah untuk mengubah sifat Anda agar lebih pemaaf dan menerima keadaan sekitar.

Antara Pukul 01.00-03.00
Tahukah Anda? ketika Anda terbiasa bangun tidur di antara pukul 01.00-03.00 dini hari, kesehatan hati atau liver Anda kemungkinan mengalami gangguan.

Hal ini juga mengindikasikan ada kemarahan, rasa bersalah, dan kecemasan yang berkecamuk dalam diri Anda. Jika Anda kerap mengalami kondisi ini, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang bisa mendinginkan tubuh.

Antara Pukul 03.00-05.00
Bangun tidur di antara pukul 03.00-05.00 pagi, mengindikasikan ada yang perlu Anda perhatikan dengan kesehatan paru-paru Anda. Dalam ilmu pengobatan Tiongkok, paru-paru melambangkan perasaan sedih.

Maka, bangun di antara pukul 03.00-05.00 bisa pula menunjukkan adanya ketidakmampaun Anda mengikuti situasi yang sedang Anda hadapi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membiasakan diri untuk tarik napas dalam-dalam, lalu mengembuskannya.

Antara Pukul 05.00-07.00
Saat Anda selalu bangun antara pukul 05.00-07.00 pagi, ada kemungkinan sistem pencernaan Anda sedang tidak sehat. Lakukanlah peregangan dan cobalah beraktivitas dengan pola hidup santai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya