SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum minuman manis sebelum olahraga (www.scoi.com)

Tips kesehatan menyebutkan sebelum olahraga kita tidak disarankan minum minuman manis.

Solopos.com, SOLO – Sebelum melakukan aktifitas fisik atau berolahraga kita tidak disarankan minum minuman manis. Hal itu diungkapkan oleh spesialis gizi dari Rumah Sakit PGI Cikini, DR. dr. Leane Suniar, Msc, Sp.GK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau terlalu manis, untuk memecah gula menjadi energi saja sudah membutuhkan energi. Sementara di waktu yang bersamaan, kita juga dalam kondisi aktif. Beban ganda inilah yang akhirnya membuat kita malah semakin kelelahan,” ungkap Leane Suniar di Jakarta, Sabtu (1/8/2015) sebagaimana dilansir Antara.com.

Dia mengatakan, ketimbang konsumsi minuman terlalu manis, sebaiknya menyeimbangkan asupan air minum dan durasi lari kita. Bila kita melakukan lari kurang dari 60 menit maka air putih saja sudah cukup.

Tetapi jika durasi lari lebih dari 60 menit maka selain air putih juga dibutuhkan tambahan asupan glukosa dan cairan elektrolit. “Selanjutnya minum setiap 25 menit sekitar 200-250 ml. Sebaiknya air dengan suhu 10 derajat untuk membantu menurunkan suhu tubuh akibat lari,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya