SOLOPOS.COM - Ilustrasi semangkuk sereal untuk sarapan (Indiatimes.in)

Sarapan bermanfaat untuk kesehatan.

Solopos.com, JAKARTA – Jangan pernah melewatkan sarapan sebelum memulai aktivitas Anda di pagi hari. Kebiasaan makan pagi menurut peneliti bisa membantu mempertahankan indeks massa tubuh (BMI) Anda tetap ideal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebuah penelitian menunjukkan orang yang makan lebih dari tiga kali setiap harinya namun menumpuk asupan makannya saat makan malam, maka dia berisiko mengembangkan BMI yang lebih tinggi terkait dengan peningkatan risiko berbagai penyakit.

Oleh sebab itu, akan lebih bagus apabila Anda memperbanyak asupan makanan saat sarapan ketimbang waktu makan lainnya.

Temuan tersebut mengonfirmasi pepatah kuno “sarapan seperti seorang raja, makan siang seperti seorang pangeran, dan makan malam seperti orang miskin.”

“Menyantap sarapan, makan siang, melewatkan makan malam, menghindari makanan ringan dan berpuasa semalam hingga 18 jam mungkin merupakan strategi pengelolaan berat praktis,” kata Hana Kahleova dari Loma Linda University (LLU) di California, baru-baru ini.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, tim peneliti melibatkan lebih dari 50.000 orang sebagai partisipan.

Gary Fraser, Profesor di LLU, menambahkan terlepas dari pola makan, rata-rata kenaikan berat badan meningkat dari tahun ke tahun sampai peserta mencapai usia 60 tahun. Setelah berusia 60 tahun, sebagian besar peserta mengalami penurunan berat badan setiap tahun.

“Sebelum usia 60, mereka yang makan kalori di awal hari memiliki sedikit kenaikan berat badan. Setelah usia 60 tahun, perilaku yang sama cenderung menghasilkan tingkat penurunan berat badan yang lebih tinggi daripada rata-rata. Selama beberapa dekade, efek totalnya akan sangat penting,” kata Fraser seperti dilansir Indian Express.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya