Tutup Iklan

TIPS KESEHATAN : Pasang Kawat Gigi, Perhatikan 3 Tahap Ini

TIPS KESEHATAN : Pasang Kawat Gigi, Perhatikan 3 Tahap Ini

SOLOPOS.COM - Klinik gigi RS Indriati Solo Baru (Shoqib A/JIBI/Solopos)

Tips kesehatan kali ini membahas kawat gigi.

Solopos.com, SUKOHARJO--Kawat gigi atau orthodontic treatment merupakan perawatan gigi yang tengah populer. Perawatan yang juga sering disebut behel gigi ini bertujuan utama untuk merapikan posisi gigi sehingga gigi menjadi lebih sehat. Selain sehat, gigi yg rapi juga memperindah tampilan dan estetika wajah.

Gigi yang tidak teratur cenderung membuat makanan lebih mudah tersangkut . Selain itu, karang gigi juga lebih cepat bertumpuk. Dokter spesialis Ortodonsia dari Rumah Sakit Indriati Solo Baru, drg Slamet Basuki R, Sp.Ort, mengatakan pemasangan kawat gigi tidak hanya berlaku untuk kaum perempuan.

Kaum laki-laki juga banyak yang membutuhkan perawatan kawat gigi. Pemasangan kawat gigi ini juga banyak dilakukan oleh remaja yang hendak mengikuti seleksi menjadi anggota TNI maupun Polri.

Menurutnya, ada tiga tahap yang harus dijalankan pasien agar pemasangan kawat gigi berhasil. “Tiga tahap ini adalah tahap persiapan, perawatan aktif, dan perawatan pasif,” katanya saat ditemui Solopos.com di Rumah Sakit Indriati Solo Baru.

Tahap persiapan ini di antaranya adalah proses pemeriksaan gigi yang meliputi pembersihan karang gigi, foto rontgen, pencetakan model gigi, dan jika diperlukan dilakukan pencabutan gigi. Tahap selanjutnya, pada perawatan aktif pasien mulai dilakukan setelah pemasangan kawat gigi. Kemudian dilakukan aktivasi alat satu bulan sekali sampai gigi-gigi bergerak dan berjajar rapi sesuai yg diharapkan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama berkisar 1 sampai 3 tahun tergantung tingkat kesulitannya.

Setelah gigi-gigi rapi, lalu braket bisa dilepas, kemudian gigi-gigi dicetak lagi dan pasien siap menjalani perawatan pasif. Pada tahap ini bracket pada gigi sudah dilepas dan diganti dengan retainer.

“Proses perawatan pasif ini sangat penting, namun masih belum banyak dipatuhi oleh pasien. Akibatnya belum sampai tujuh bulan, gigi pasien jadi tidak beraturan kembali,” urainya

Pria yang akrab disapa Memed ini juga menyarankan agar pemasangan kawat gigi dilakukan oleh *dokter gigi spesialis ortodonsia*. Hal ini menyikapi maraknya pemasangan kawat gigi yang dilakukan oleh berbagai pihak yang bukan kompetensi mereka. Hal ini mengakibatkan risiko bagi kesehatan dan gigi pasien.

Sementara itu, RS Indriati Solo Baru memberikan kemudahan pembiayaan perawatan ortodonsi. Info lebih lengkap silakan mengunjungi poli gigi ortodonsi RS Indriati Solo Baru Sukoharjo atau telpon call center (0271) 5722 000.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Akibat Langgar Prokes, Restoran di Madiun Digeruduk Satgas Covid-19

Salah satu restoran di Kota Madiun ditegur Satgas Covid-19 lantara menerima tamu lebih dari 50% kapasitas yang diperbolehkan.

Barcelona Juara Liga Champions Wanita Seusai Hancurkan Chelsea 4 Gol Tanpa Balas

Barcelona tampil cemerlang saat mengalahkan Chelsea 4-0 untuk memenangkan trofi Liga Champions Wanita pertama mereka dalam sejarah klub pada Senin (17/5/2021) dini hari WIB.

Solopos Hari Ini: Fatal di Tengah Wabah

Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (17/5/2021) mengulas tentang fatal di tengah wabah terkait musibah perahu terbalik di Kedungombo, Boyolali.

Uji Coba PTM Tahap III Jenjang SMA/SMK di Wonogiri Masih Tanda Tanya

Setelah tahap II selesai, belum ada keputusan kapan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM tahap III SMA/SMK di Wonogiri bakal dimulai.

Ditemukan, Jasad Anak Balita 1,5 Tahun Korban Perahu Terbalik Kedungombo Boyolali

Petugas gabungan di Kedungombo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, kembali menemukan satu korban terbaliknya perahu di lokasi tersebut.

20 Warga Sekampung di Sumber Solo Positif Covid-19, 1 Orang Dirawat di RS

Satu dari 20 warga sekampung di wilayah Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang positif Covid-19 dirawat di rumah sakit karena bergejala.

AC Milan Gagal Kunci Tiket Liga Champions Seusai Diimbangi Cagliari

Cagliari menggagalkan upaya AC Milan mengunci tiket Liga Champion seusai menahan lawannya itu dengan skor 0-0 dalam laga pekan ke-36 Liga Italia.

Belajar Dari Kasus WKO, Perahu Wisata Rawa Jombor Klaten Dilarang Angkut Penumpang Lebihi Kapasitas!

Pengelola perahu wisata di Rawa Jombor, Klaten, diminta tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

Tundukkan Bilbao, Real Madrid Tetap Berjuang hingga Pekan Terakhir

Real Madrid menang 1-0 di kandang Athletic Bilbao di San Mames, Minggu (16/5/2021) malam waktu setempat. Namun Real Madrid harus tetap berjuang hingga pekan terakhir kompetisi

2 Korban Perahu Terbalik Kedungombo Belum Ketemu, Pencarian Lanjut Pakai Drone Bawah Air

Dua korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, yang belum ketemu akan dicari pakai drone robotic underwater atau drone bawah air.

Indonesia, Malaysia, dan Brunei Kutuk Agresi Israel ke Palestina

Keterangan tertulis pernyataan bersama tiga negara itu diunggah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun twitternya, Minggu (16/5/2021).

Ini Foto-Foto Pengeboman Gedung Al Jazeera oleh Israel...

Gedung media massa internasional, Al-Jalaa, tempat Associated Press atau AP dan Al Jazeera berkantor di Gaza, Palestina dibombardir Israel.