SOLOPOS.COM - (Thinkstock)

Solopos.com, SOLO – Banyak orang menghindari mengonsumsi kentang karena reputasi buruknya yang kerap diolah menjadi makanan junk food. Tapi tahukah Anda, kentang sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat jika diolah dengan cara yang tepat.

Laman kesehatan, Healthmeup, Senin (28/7/2014) melansir beberapa manfaat menakjubkan di balik kentang jika diolah dengan cara dipanggang atau dikukus:

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Membantu Proses Pencernaan
Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna. Kentang juga dapat membantu proses  pencernaan dan selalu dianjurkan untuk bayi atau orang lain yang tidak bisa mencerna makanan keras tetapi tetap membutuhkan banyak energi. Karena mengandung serat kentang dapat membantu mencegah sembelit. Tapi jangan mengonsumsi kentang secara berlebihan, karena kentang dapat menyebabkan keasaman

Perawatan Kulit
Kentang kaya akan vitamin C, B-kompleks, kalium, magnesium, fosfor, dan seng yang baik untuk kulit. Kentang mentah yang digosokan pada kulit dapat menyembuhkan kulit terbakar akibat sengatan matahari. Anda juga dapat membuat masker wajah dengan mencampurkan kentang mentah yang telah dihaluskan dengan madu. Masker ini dapat membersihkan wajah Anda.

Mengobati Darah Tinggi
Kentang mengandung serat tinggi yang sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengatur tingkat glukosa. Selain itu kandungan potasium dalam kentang juga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Menyembuhkan Peradangan
Kentang tidak hanya membantu meredakan peradangan eksternal, tetapi peradangan internal. Hal ini dikarenakan kentang mengandung vitamin B-kompleks dan C yang mudah mudah dicerna. Kentang dapat meredakan peradangan internal dalam usus dan sistem pencernaan. Kentang merupakan makanan yang baik untuk penderita maag.

Mengurangi Stres
Kentang sangat kaya vitamin B6 yang diperlukan untuk sistem saraf yang sehat. Hal itu berarti makanan ini dapat mengatur suasana hati Anda yang dapat berdampak mengurangi stres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya