Tutup Iklan
Ilustrasi duduk ngangkang (wikimedia)

Solopos.com, SOLO -- Tahukah Anda? Ternyata duduk ngangkang atau mengangkang bermanfaat bagi kesehatan. Duduk ngangkang terutama bagi para wanita dianggap tidak sopan. Padahal posisi duduk ngangkang bermanfaat bagi pengidap osteoporosis.

Osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang dapat menyebabkan seseorang mempunyai tulang yang rapuh dan berbahaya saat jatuh. Maka dari itu mereka harus berhati-hati dalam beraktivitas.

Dikutip Detik.com, bangun dari posisi duduk di kursi dapat berisiko jatuh jika tak dicegah dengan benar. Menurut instruktur yoga yang juga penulis buku Tetap Sehat dengan Yoga Astrid Amalia, salah satu gerakan yoga yang bisa dipraktikkan sebagai rutinitas bagi penderita osteoporosis adalah duduk mengangkang atau memberi celah di sela paha.

"Kalau sudah kena osteoporosis, Anda tidak bisa berdiri sebagaimana perempuan, kaki rapet. Bayangkan kalau Anda duduk, selalu rapet, kan. Pas berdiri, jatuh. Maka latihannya dengan kaki sedikit dibuka," katanya dalam diskusi di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Saat berdiri dengan kaki sedikit mengangkang, risiko terjatuh dan cedera lutut dapat diminimalisasi. Sebab kaki lebih kuat menopang tubuh dalam posisi yang demikian.

Astrid juga mengatakan penderita osteoporosis harus berhati-hati saat berolahraga. Dia menyarankan yoga dengan bantuan kursi. Gerakannya pun dimodifikasi agar sesuai dengan kemampuan masing-masing, termasuk teknik yoga dengan kaki sedikit terbuka tadi. Sehingga, badan tetap bugar dan risiko cedera bisa dihindari.

 

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten