SOLOPOS.COM - Ilustrasi sarapan (Thinkstock)

Tips kesehatan memberikan Anda informasi makanan yang dapat menambah energi.

Solopos.com, SOLO – Sarapan pagi dipercaya menyumbang energi yang besar bagi tubuh seseorang. Dengan sarapan pagi, seseorang akan menjadi lebih bersemangat menjalani aktivitasnya. Nah, menu apa yang sebaiknya dikonsumsi saat sarapan?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky pekan lalu, berikut beberapa bahan makanan yang sangat baik dikonsumsi saat sarapan:

Telur
Telur adalah salah satu sumber protein terbaik. Selain itu, telur secara alami mengandung 13 nutrisi penting, seperti kalsium, zinc, dan vitamin. Kandungan nutrisi dalam telur ini mampu menyumbang energi yang besar bagi tubuh. Seseorang yang mengonsumsi telur saat sarapan juga akan merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Gandum
Mengonsumsi makanan yang terbuat dari biji gandum mampu meningkatkan energi dalam tubuh. Gandum adalah makanan yang tinggi karbohidrat. Mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum saat sarapan mampu menahan rasa lapar dalam jangka waktu yang lama.

Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat dan karbohidrat. Selain itu, makanan ini juga mengandung vitamin dam mineral yang diperlukan tubuh.

Mengonsumsi oatmeal saat sarapan dapat meningkatkan hormon serotonin. Hormon serotonin tersebut berfungsi memerangi stres serta mampu meningkatkan sistem memori otak.

Kacang-kacangan
Mengonsumsi kacang-kacangan saat sarapan sangat bermanfaat bagi tubuh. Pasalnya, kacang-kacangan dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk.

Keju
Mengonsumsi keju saat sarapan dapat meningkatkan energi dalam tubuh. sebab, seperti produk olahan susu lainnya, keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Bagi anak-anak, kalsium dalam keju itu juga mampu mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi mereka.

Yoghurt
Yoghurt adalah jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sarapan. Kandungan probiotik dalam yoghurt berkhasiat mampu melancarkan sluran pencernaan. Selain itu, kandungan protein dan kalsium dalam yoghurt juga diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Air Kelapa
Air kelapa mengandung kalium dan elektrolit alami yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Air kelapa yang segar ini juga mampu menetralisir racun dalam tubuh. Selain itu, meminum air kelapa juga mampu menghidrasi tubuh. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya