Kategori: Leisure

TIPS KESEHATAN : Makanan Ini Bikin Kinerja Otak Melemah


Solopos.com/

Tips kesehatan memberikan Anda informasi makanan yang bisa bikin kinera otak melemah.

Solopos.com, SOLO — Asupan makanan yang dikonsumsi seseorang memberikan efek di kemudian hari. Karenanya, penting bagi Anda memperhatikan makanan sebelum berefek negatif bagi kesehatan.

Sebagaimana dihimpun Solopos.com, Kamis (6/8/2015) dari situs Lifecheating.com, ada beberapa makanan yang mampu melemahkan kinerja otak.

Tofu
Tofu sering digunakan untuk berbagai bahan makanan karena dianggap sehat. Namun, penelitian dari Universitas Loughborough dan Universitas Oxford menunjukan tofu berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, tetapi hasil penelitian menunjukan orang yang menkonsumsi tofu akan berkurang daya ingatnya. Peneliti menduga hal itu desebabkan adanya zat phytoestrogen yang terkandung dalam tofu.

Gula
Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan masalah neurologis. Konsumsi gula terlalu banyak mempengaruhi daya ingat dan kemampuan seseorang untuk belajar, serta memperlambat aktivitas otak.

Alkohol
Meminum alkohol menurunkan kemampuan berpikir seseorang dan mengurangi kemampuan mengingat informasi.

Makanan Cepat Saji
Lemak dalam makanan cepat saji dapat memperlambat penciptaan dopamine di otak. Dopamin adalah zat yang memberi perasaan tenang, waspada, dan hati-hati. Dopamin juga memberi kekuatan daya ingat, motivasi dan rasa ingin tahu. Dengan berkurangnya dopamin membuat seseorang juga akan berkurang daya ingatnya.

Sate
Sate ternyata dapat membuat otak sulit berkonsentrasi. Hal itu disebabkan karena zat karbon dari hasil pembakaran akan masuk kedalam tubuh, dapat menyebabkan kanker, dan mengakibatkan sel otak tidak berkembang sehingga sulit berkonsentrasi. Untuk mengurangi dampak tersebut, dianjurkan untuk memakan mentimun setelah makan sate, karena sate mengandung zat karsinogen sedangkan mentimun memiliki zat antikarsinogen. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Share
Dipublikasikan oleh
Septina Arifiani