SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips kesehatan kali ini terkait durian, buah yang memiliki rasa yang khas dan sangat nikmat. Tetapi, bolehkan buah ini dikonsumsi ibu hamil?

Solopos.com, SOLO — Buah durian memang rasanya nikmat. Buah durian, buah yang banyak disenangi masyarakat di Indonesia. Namun, banyak orang yang beranggapan ibu hamil tidak diperkenankan mengonsumsi durian karena bisa menyebabkan keguguran. Padahal, sebagai mana dikutip dari Klikdokter.com, Rabu (24/12/2014), sampai kini belum ada penelitian ilmiah yang meneliti efek mengonsumsi buah durian bagi ibu hamil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Buah durian banyak mengandung  glukosa, kolesterol, dan alkohol yang bisa membuat ibu hamil merasa kembung dan memicu kontraksi (terutama pada kehamilan trimester ketiga). Glukosa, kolesterol, dan alkohol juga bisa berdampak buruk pada kesehatan yang bisa memicu terjadinya diabetes dan gangguan jantung.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip dari Bidanku.com, Rabu (24/12/2014), pada ibu hamil pembatasan konsumsi lemak dan gula sangat penting untuk mengontrol berat badan bayi. Ibu hamil yang jabang bayinya kelebihan berat badan berisiko operasi caesar saat persalinannya.

Jika ibu hami ingin mengonsumsi tempoyak dan produk olahan durian yang difermentasi, sebaiknya keinginan itu tak dipenuhi karena akan menggangu pencernaan. Namun, bagi ibu hamil yang menyukai buah durian tidak perlu khawatir. Lakukanlah kontrol secara teratur ke dokter untuk menghindari adanya penyakit diabetes saat hamil.

Kuncinya, batasi jumlah durian yang dimakan. Batasi konsumsi satu atau dua biji saja, dan jangan terlalu sering. Dengan demikian nikmat di lidah bisa diperoleh, dan tidak ada efek samping yang timbul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya