SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Healthmeup.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas pengaruh bantal pada kesehatan Anda.

Solopos.com, SOLO — Tidur sebagai bentuk istirahat tubuh harus diperhatikan dengan seksama. Termasuk bantal yang kita gunakan saat tidur, karena ketebalan bantal bisa mempengaruhi kesehatan otak dan saraf kita.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Menurut penulis buku The Sleep Doctor’s Diet Plan, Michael Breus, perkara bantal harus benar-benar diperhatikan.

“Bantal adalah salah satu perangkat untuk tidur yang memiliki dampak besar pada kualitas tidur dan kesehatan Anda secara keseluruhan,” ujar Breus, sebagaimana Solopos.com kutip dari Prevention, Senin (24/8/2015).

“Fungsi utama bantal adalah untuk menyelaraskan tulang belakang di bagian leher sehingga tidak ada ketegangan otot pada leher saat tidur,” jelas Breus.

Masih menurut Breus, bantal harus memiliki ketebalan yang pas, jangan terlalu tebal atau terlalu tipis. Jika terlalu tebal atau tipis, bantal tidak bisa membuat leher Anda rileks saat tidur.

“Pilihlah bantal yang memiliki ketebalan sedang, yang bisa menyejajarkan posisi telinga dan bahu,” kata Breus.

Breus menyarankan, apabila Anda memiliki teman saat tidur, cobalah meminta tolong kepadanya untuk memperhatikan posisi Anda ketika tidur. Pemilihan bantal yang tepat, bisa mengistirahatkan saraf dan otot leher, sehingga mengurangi risiko penyakit saraf, seperti alzheimer atau parkinson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya