SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Pedulisehat.info)

Tips kesehatan cara atasi tersedak saat sedang sendirian.

Solopos.com, SOLO – Tersedak dapat menimbulkan bahaya bagi seseorang yang sedang mengalaminya. Gangguan pernapasan hingga keluhan lainnya dapat muncul sebagai akibat dari kejadian ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun Solopos.com dari laman Brightside.me pada Sabtu (12/3/2016) berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan seseorang saat mengalami tersedak sedangkan tidak ada orang lain yang dapat menolong.

Tips ini diberikan oleh Jeff Rehman, seorang paramedis yang telah berpengalaman selama 22 tahun. Jeff juga mengunggah video tutorial mengatasi tersedak di jejaring sosial Youtube.

Tidak panik

Hal pertama yang harus dilakukan seseorang ketika tersedak adalah tetap tenang. Panik hanya akan menimbulkan situasi yang lebih buruk. Untuk itu, tenang adalah kunci utama untuk tersedak.

Berlutut

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah berlutut atau bersujud di atas lantai. Posisikan kedua telapak tangan mengepal dan serta lengan lurus vertikal menyokong tubuh. Lakukan kegiatan ini dengan tenang agar kondisi tubuh dapat tetap terkondisikan.

Jatuhkan tubuh ke lantai

Angkat kedua lengan secara tiba-tibadan biarkan tubuh jatuh ke lantai. Kegiatan ini berfungsi menekan keluar udara yang terjebak dalam paru-paru dan juga sesuatu yang menghambat aliran udara tersebut.

Simak video tutorial Jeff Rehman secara lengkap pada laman [https://www.youtube.com/watch?v=Op2TjTQs7X0].

(Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya