TIPS KESEHATAN : Inilah Sederet Manfaat Mengonsumsi Ubi
Ubi Kuning (Boldsky)

Tips kesehatan kali ini membahas tentang sederet manfaat mengonsumsi ubi.

Solopos.com, SOLO – Ubi merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang tumbuh subur di Indonesia. Di beberapa daerah, ubi kerap dimakan sebagai karbohidrat pengganti nasi.

Selain diklaim sebagai sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, ternyata mengonsumsi ubi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, apa sajakah manfaat mengonsumsi ubi? Dilansir Boldsky, Selasa (29/11/2016), berikut beberapa manfaat mengonsumsi ubi bagi kesehatan tubuh:

Memperkuat sistem imun
Selain mengandung zat tepung yang berfungsi menghasilkan tenaga, ubi juga mengandung banyak vitamin yang berperan penting memperkuat sistem imun. Hasil penelitian menyebutkan ubi kaya akan vitamin C yang meperlambat proses penuaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, ubi juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, dan vitamin B yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Memperlancar saluran pencernaan
Tanaman ubi mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut yang merupakan sumber energi penting dalam tubuh. Kandungan serat dalam ubi mampu mengatasi sembelit, mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan risiko kanker.

Mengontrol kadar gula darah
Para penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi ubi sebagai karbohidrat pengganti nasi. Beberapa hasil penelitian menyebut ubi memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia dalam suatu makanan.

Mengontrol tekanan darah
Ubi kaya akan berbagai macam mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, dan fosfor yang mampu mengontrol tekanan darah dan ampuh mengatasi hipertensi.

Menyembuhkan bisul
Ubi mengandung senyawa allantoin yang berperan penting mempercepat penyembuhan bisul, dan menghaluskan kulit.

Berbagai manfaat dari ubi itu bisa diperoleh dengan cara pengolahan yang tepat. Sebab, mengonsumsi ubi yang diolah secara sembarangan bisa membuat alergi, bahkan keracunan. Agar tidak keracunan, cucilah ubi dengan bersih sebelum diolah. Selain itu, jangan mencoba mengonsumsi ubi dalam keadaan mentah. Sebaiknya, masaklah ubi dengan cara direbus, digoreng, atau dipanggang.

Sebaiknya, simpanlah ubi di tempat terbuka jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak. Hindari menyimpan ubi di dalam kulkas, karena akan mempercepat proses pembusukan. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom