SOLOPOS.COM - Ilustrasi (yousaytoo,com)

Tips kesehatan kali ini membahas cara jitu tingkatkan kualitas tidur.

Solopos.com, SOLO – Tidur mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Tidur yang berkualitas dapat membantu memaksimalkan kinerja tubuh dan menghindarkan dari bermacam penyakit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip Solopos.com, Selasa (28/7/2015), dari Rodalewellness.com, tidur yang tidak berkualitas dapat menyebabkan gangguan seperti sakit kepala, pening dan emosi yang kurang stabil. William Christoper Winter, seorang dokter dari rumah sakit Martha Jefferson, Virginia, Amerika Serikat, menjelaskan tidur yang berkualitas tidak bergantung pada seberapa lama tubuh kita tidur.

Setiap orang membutuhkan jumlah waktu tidur yang berbeda. “Ada yang sudah tidur tujuh jam tapi masih mengantuk saat bekerja. Tidak ada takaran ideal berapa lama Anda harus tidur,” kata Winter.

Berikut beberapa saran Winter untuk meningkatkan kualitas tidur:

Matikan Lampu
Ruangan yang terlalu terang bisa menganggu kualitas tidur. Penelitian menunjukkan bahwa setiap lima menit , lampu neon putih mampu menekan hormon melatonin hingga 50%.

Hormon melatonin dikenal sebagai hormon tidur. Hormon tersebut membantu meningkatkan tekanan darah dan memberikan rasa nyaman. Anda akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas jika lampu tersebut tidak dinyalakan.

Usahakan Suhu Kamar Tepat
Ada dua temperatur yang penting untuk mendapatkan kualitas yang baik, yaitu temperatur ruang dan temperatur tempat tidur. “Suhu ruangan dan suhu tempat tidur yang sejuk akan membuat tidur Anda lebih nyenyak,” ujar Winter.

Hindari Kebisingan
“Buatlah ruangan menjadi setenang mungkin,” saran Winter. Ruangan yang bising akan menganggu kualitas tidurAnda. Namun, jika Anda tipe orang yang tidak bisa tidur tanpa mendengar suara, maka gunakanlah kipas angin. “Pasang kipas angin dengan kecepatan yang paling rendah, itu akan membantu,” jelas Winter.

Buat Keadaan Senyaman Mungkin
Kenyamanan menjadi poin penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Pilihlah tempat tidur yang sesuai dengan selera Anda, dan pastikan Anda merasa nyaman dengan tempat tidur tersebut. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya