SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenggorokan (JIBI/Dok)

Tips kesehatan kali ini mengulas penjelasan tentang tersedak.

Solopos.com, SOLO – Kisah tragis dialami pria bernama Fredy Jayadi saat mengikuti lomba makan ayam KFC berhadiah Rp5 miliar. Fredy tewas tersedak usai melahap 3 sayap ayam dalam perlombaan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas bagaimana bisa tersedak? Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan dari RS Puri Indah Jakarta, dr Agus Subagio, SpTHT menjelaskan, tersedak lumrah terjadi karena tenggorokan memiliki dua saluran, yaitu saluran pernapasan dan saluran untuk makan, yang dipisahkan oleh sebuah katup bernama epiglotis.

Normalnya, lanjut dr Agus, di saat menelan, saluran napas akan tertutup oleh katup epiglotis tadi sehingga makanan atau minuman yang masuk langsung menuju ke saluran makan.

“Makanya saat bicara, kita tidak boleh makan atau sebaliknya. Karena saluran napas akan terangkat dan mengakibatkan makanan yang seharusnya masuk ke saluran makan bisa masuk ke saluran napas,” jelasnya dikutip Solopos.com dari Detik, Sabtu (12/3/2016).

Tersedak, lanjut dr Agus, tidak akan berakibat fatal bila yang bersangkutan mengonsumsi makanan atau minuman dalam jumlah kecil dan tidak tergesa-gesa.

“Dengan catatan makanan atau airnya sedikit, itu paling yang bersangkutan akan refleks batuk. Tapi kalau banyak dan tergesa-gesa, potensi terjadi salah masuk semakin besar,” tegasnya.

dr Agus juga mengingatkan, apalagi bila orang-orang di sekitar yang bersangkutan tidak sigap atau mengetahui cara menangani tersedak dengan tepat, kemungkinan terburuk bisa terjadi.

“Bahaya tersedak itu ya meninggal. Karena saluran napasnya tertutup oleh makanan yang masuk tadi. 4-5 menit enggak bisa napas saja otak langsung mati,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya