SOLOPOS.COM - Ilustrasi garam (cnn.com)

Tips kesehatan memberikan informasi tanda-tanda Anda berlebihan mengonsumsi garam.

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda sering sakit setelah buang air besar? Ataukah Anda selalu merasa haus? Dua hal itu bisa menjadi indikasi Anda kelebihan mengonsumsi garam.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Makan makanan dengan kandungan garam tinggi mungkin terasa lezat di lidah, namun bisa menjadi bumerang bagi kesehatan jika terus-menerus dikonsumsi.

Lalu apa tanda-tanda Anda berlebihan mengonsumsi garam? Berikut tandanya sebagaimana dilansir Boldsky.com, Kamis (11/5/2017):

Tekanan darah meningkat

Tingginya asupan garam meningkatkan jumlah sodium dalam darah. Ketidakseimbangan ini menyulitkan ginjal mengeluarkan air berlebih dari tubuh. Ketegangan pada pembuluh darah dan kelebihan air dapat meningkatkan tekanan darah.

Kehausan

Jika terlalu banyak garam, tubuh memerlukan air untuk mencairkan kandungan garam dalam darah. Umumnya sel tubuh melepaskan air yang tersimpan untuk mencairkan garam dalam darah. Hal inilah yang menjadi alasan Anda merasa haus setelah makan garam.

Sakit saat buang air kecil

Ginjal membantu mencairkan garam dengan memperlambat produksi urine. Anda mungkin akan merasakan sensasi terbakar setelah buang air kecil. Minumlah lebih banyak air, batasi makanan olahan, dan perbanyak buah dan sayur.

Bengkak di pergelangan kaki

Kelebihan asupan garam memungkinkan tubuh menahan air sehingga menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki.

Sering sakit kepala
Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam sering menyebabkan dehidrasi. Hal ini kadang menyebabkan sakit kepala ringan. Cobalah mengurangi garam agar hal tersebut tidak terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya