SOLOPOS.COM - Aneka bumbu dapur (japanesestation.com)

Tips kesehatan berkaitan manfaat rempah-rempah selain sebagai bumbu dapur.

Solopos.com, SOLO — Masakan Indonesia kaya dengan rempah-rempah bumbu dapur. Tidak hanya membuat rasanya yang lezat, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Dilansir laman Boldsky, Rabu (30/9/2015), kenali beberapa manfaat rempah-rempah yang bagi kesehatan. Mau tau?

Cabai Rawit

Ekspedisi Mudik 2024

Cabai memiliki rasa pedas ini biasa digunakan dalam berbagai campuran masakan. Bumbu pedas ini memiliki anti-diabetes yang mampu mengobati nyeri herpes zoster dan nyeri saraf akibat diabetes.  Herpes zoster adalah penyakit cacar air yang disebabkan oleh virus. Mengonsumsi satu kali dalam sehari mampu membantu penyembuhan dengan baik.

Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu tanaman rempah yang sangat dibutuhkan dalam masakan. Aroma khas pada cengkeh adalah hasil senyawa eugenol yang memiliki 72%-90% kadar utama penyusun minyak atsiri. Selain sebagai bahan penyedap, mengkonsumsi cengkeh dapat mencegah penyakit jantung, menghindari pertumbuhan kanker dan memperlambat tulang rawan.

Ketumbar

Ketumbar kaya akan minyak esensil, senyawa asam, mineral, dan vitamin ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Minyak esensil pada ketumbar mampu membunuuh bakteri ecolli. Selain itu ketumbar juga membantu meningkatkan proses pencernaan, mengobati anemia, menurunkan kadar gula dan melindungi hati. Dengan cara membuat teh dari biji ketumbar dan meminumnya.

Pala

Pala merupakan rempah-rempah populer yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Rempah ini baik untuk kesehatan gigi, karena bersifat anti bakteri yang berperan untuk menguatkan. Bukan hanya itu, pala juga digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, meningkat kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah leukimia.

Mustard

Mustard adalah rempah-rempah yang berasal dari biji sesawi, memiliki rasa agak pedas dan bau agak menyengat. Rempah ini biasa digunakan dalam campuran masakan Eropa. Mustard mengandung berbagai antidioksida, serat, lemak, protein, dan omega-3 yang baik untuk kesehatan. Hal ini membantu untuk mengatasi migren, mengurangi gejala rematik, dan meningkatkan nafsu makan. (Inna Surya Sari/JIBI/Solopos.com) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya