TIPS KESEHATAN : Ini Cara Jaga Mata Agar Selalu Jernih

 Objek yang direfleksikan lewat kaca mata (Iwallfree.com)

SOLOPOS.COM - Objek yang direfleksikan lewat kaca mata (Iwallfree.com)

Tips kesehatan kali ini mengenai cara menjaga mata agar jernih.

Solopos.com, SOLO —  Meskipun kecil, mata adalah organ yang berjasa membuat manusia mampu melihat dunia. Untuk menjaga mata selalu jernih dalam melihat, Anda bisa melakukan hal-hal kecil setiap waktu untuk menjaganya tetap sehat.

Berikut beberapa tips untuk melindungi dan menjaga penglihatan Anda agar selalu jernih, sebagaimana dilansir Zeenews, Sabtu (24/9/2016):

Gunakan Pelindung UV

Pantulan sinar matahari saat keluar rumah dapat merusak mata. Pada kasus yang ekstrem, sinar ultraviolet dari matahari bisa menyerang retina dan dapat menyebabkan kebutaan.

Sebaiknya, gunakan kacamata pencegah radiasi UV atau pelindung seperti topi untuk memberikan perlindungan yang akurat saat berada di luar rumah.

Cuci Mata

Mencuci wajah, terutama mata, dengan air tawar 10-15 kali mampu mengatasi kelelahan mata dan menjaga kelembapan yang dibutuhkan agar penglihatan tetap jernih.

Tidur Cukup

Kesehatan mata adalah alasan Anda harus tidur cukup setiap malam. Dengan istirahat, mata Anda dapat kembali pulih dari kelelahan dan berfungsi dengan baik untuk melihat.

Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Jangan abaikan pemeriksaan mata, meskipun Anda belum merasakan adanya gangguan penglihatan. Selain penting untuk meningkatkan kualitas penglihatan, pemeriksaan mata juga membantu mendeteksi masalah mata seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula lebih dini.

Berita Terkait

Berita Terkini

250 Juta Liter Digelontor, Minyak Goreng Satu Harga Rp14.000 Mulai Besok

Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng Rp14.000,00 per liter akan dimulai Rabu, 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia.

Ternyata Ada Jembatan Amien Rais di Klaten, Ini Lokasinya

Jembatan itu kerap disebut dengan nama Jembatan Amien Rais lantaran pengecoran jembatan dilakukan warga memanfaatkan gelontoran bantuan dari tim Amien Rais kala menjadi capres pada Pilpres 2004.

Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Dishub Solo berharap pengerjaan peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, bisa selesai sebelum rel layang Joglo dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai.

Mengingat Lagi Maskot Persis Solo Juna si Alap-Alap

Persis Solo memiliki sebuah maskot berbentuk burung alap-alap kawah. Maskot ini sempat rutin berada di pinggir lapangan saat Laskar Sambernyawa bermain.

+ PLUS Pranata Mangsa dalam Jejak Ilmu Astronomi di Balik Kemegahan Borobudur

Pembangunan Candi Borobudur disebut menunjukkan Matematika kuno dan telah mempertimbangkan ilmu Astronomi.

Hendak Salip Truk, Pengendara Motor di Pati Meninggal

Kecelakaan maut menimpa seorang pengendara motor di Kabupaten Pati yang terlindas truk saat berusaha menyalip truk dari sisi kiri.

Jemaah Umrah Perdana di DIY Dilepas dengan Isak Tangis

Kanwil Kemenag DIY memberangkatkan jemaah umrah perdana melalui Bandara YIA, Kulonprogo, pada Selasa (18/1/2022).

Gempa Afghanistan Telan Korban 22 Nyawa

Korban meninggal akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Provinsi Badghis, Afghanistan bertambah menjadi 22 orang, Selasa (18/1/2022).

Ini Cara Menonton Fast Track Layangan Putus Episode 10

Namun, untuk diketahui, pelayanan Fast Track Layangan Putus tersebut hanya diperuntukkan bagi pengguna layanan VIP WeTV.

Mahasiswa UKSW Ikuti MBKM, 4 Bulan Dampingi 13 Sekolah di Kupang

UKSW menyerahkan langsung ke-13 mahasiswa yang ikut MBKM kepada Bupati Kabupaten Kupang di Kantor Bupati Kabupaten Kupang, Selasa (11/01/2022).

West Bandits Solo Menang Lagi, Begini Respons Gibran

West Bandits Combiphar Solo mencatat kemenangan telak atas Prawira Bandung dengan skor 77-57 pada hari ketiga IBL Tokopedia 2022.

2 Truk Kecelakaan di Tanjakan Ampel Boyolali, Ini Foto-Fotonya

Truk bak terbuka tidak kuat saat menaiki tanjakan di Keboan Tompak dan berjalan mundur menabrak truk kontainer dibelakangnya

Kejari Karanganyar Tuntut 2 Pelaku Kekerasan Seksual Bayar Ganti Rugi

Kejari Karanganyar tahun ini menuntut dua terdakwa kasus kekerasan seksual dengan membayar ganti rugi (restitusi) kepada korban selain menuntut hukuman penjara dan denda.

Jembatan Kereta Zaman Belanda di Klaten Kini Jadi Penghubung 2 Desa

Jembatan penghubung antara Desa Mranggen dengan Desa Blimbing merupakan bekas jalur kereta pengangkut tebu pada era kolonial Belanda.

PT Swasta Tak Bisa Lagi Digandeng Jadi Penguji Seleksi Perdes di Sragen

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ingin ke depan seleksi perangkat desa (perdes) hanya bekerja sama dengan peguruan tinggi negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) si Jogja.

Hujan Deras, 12 Desa di Pasuruan Dikepung Banjir

Sebanyak 12 desa yang berada di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) dilanda banjir pada Selasa (18/1/2022).