SOLOPOS.COM - Ilustrasi merajut (Lifehack.org)

Tips kesehatan kali ini mengulas soal manfaat merajut.

Solopos.com, SOLO — Merajut merupakan salah satu kegiatan ringan yang bisa membuat kondisi kesehatan psikis orang lebih baik.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Ahli fisioterapi Betsan Corkhill, dalam lamannya Stitchlinks, memaparkan hasil studinya tentang manfaat merajut untuk kesehatan jiwa seseorang.

Menurut Corkhill, merajut efektif mengurangi kecemasan dan rasa panik seseorang saat menghadapi masalah.

Selain itu, merajut juga bisa menjaga kesehatan otak, lantaran saat seseorang merajut, akan terjadi koordinasi gerakan tangan. Gerakan tangan ini saat merajut bisa membuat otak aktif sehingga bisa menghindarkan seseorang dari kepikunan atau penyakit demensia.

“Anda banyak menggunakan kemampuan otak untuk melakukan serangkaian gerakan yang terkoordinasi. Semakin Anda menggunakan kemampuan otak Anda untuk terlibat dalam  membuat sesuatu yang kompleks, akan semakin sedikit pula pikiran buruk menghampiri,” ujar Corkhill, sebagaimana dikutip Solopos.com dari Lifehack, Selasa (10/11/2015).

Sementara itu, ahli dari Well Being Lab di Northern Arizona University, dr. Futterman Collier, melakukan penelitian kepada 60 wanita. Ia membagi 60 wanita tersebut dalam tiga kelompok, yaitu kelompok menulis, meditasi, dan tekstil. Di kelompok tekstil ini, para sampel melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kain, seperti menjahit, merajut, menenun, atau merenda.

Ternyata, kelompok tekstil memiliki hasil paling baik dalam hal kejiwaan mereka. Orang-orang yang tergabung di kelompok tekstil cenderung berperangai tenang dan tidak mudah depresi atau merasa stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya