Tutup Iklan

Tips Kesehatan: Hindari Makan Mi & Sawi Saat Sahur, Ini Alasannya

Tips kesehatan kali ini diperuntukkan bagi Anda yang bingung memilih menu sahur. Jangan biasakan makan mi instan dan sawi saat sahur.

Tips Kesehatan: Hindari Makan Mi & Sawi Saat Sahur, Ini Alasannya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mi instan (thehealthorange.com)

<p><strong>Solopos.com, SOLO &ndash;</strong><a href="http://lifestyle.solopos.com/read/20180505/485/914413/tubuh-tetap-bugar-saat-puasa-pertama-begini-caranya" target="_blank"> Puasa Ramadan</a> mengharuskan pemeluk agama Islam untuk mengubah kebiasaan makan dan minum. Hal ini tentunya harus diperhatikan agar tak salah langkah saat mengonsumsi makanan sehingga memicu kondisi tak enak dan mengganggu jalanya ibadah puasa.<br /><br />Makanan asam dan pemicu keluarnya asam lambung tak baik dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak. Tak hanya itu, makanan dengan kandungan gas tinggi memicu keluarnya asam lambung tinggi dan sulit dicerna yang tentunya bisa menggangu <a href="http://lifestyle.solopos.com/read/20180404/485/908092/tips-kesehatan-hati-hati-konsumsi-pepaya-mentah-picu-keguguran-" target="_blank">kesehatan</a>.<br /><br />Kedua jenis makanan tersebut tak baik bagi Anda yang memiliki riwayat gangguan lambung atau mag. Untuk mencegah kambuhnya gangguan mag harus dikenali makanan yang memicu kenaikan asam lambung. <br /><br />Berdasarkan database wawancara <a href="http://solopos.com/" target="_blank"><em>Solopos.com</em></a> dengan konsultan gizi di Yogyakarta, Nurwanti, dua jenis makanan yang harus dihindari penderita gangguan maag saat puasa adalah mi instan dan sawi.<br /><br />&ldquo;Mi mengandung karbohidrat yang lengket. Sawi mengandung zat gas yang memicu meningkatnya asal lambung. Sehingga kombinasi mi dan sawi untuk berbuka atau sahur tidak baik bagi penderita gangguan mag,&rdquo; jelas Nurwanti.<br /><br />Selain dua makanan yang akrab dengan anak kos itu, jenis makanan dan minuman bergas lainnya yang harus dihindari saat puasa adalah minuman bersoda, olahan jus nangka, pisang ambon, kedondong, dan olahan kol.<br /><br />Nurwanti menyarankan olahan kentang, brokoli, dan bubur sebagai santapan saat sahur atau berbuka. &ldquo;Selain menetralisasi asam lambung, makanan tersebut juga memberi rasa kenyang lebih lama,&rdquo; tegas Nurwanti.</p>

Berita Terkait

Berita Terkini

KAI Perketat Protokol Kesehatan Covid-19 di Seluruh Stasiun

PT Kereta Api Indonesia memperketat pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan di stasiun PT KAI demi antisipasi lonjakan Covid-19.

Terjaring Tes Swab, Pedagang di Karanganyar Ini Mengaku Lega, Kok Bisa

Operasi yustisi dan tes swab antigen secara acak di alun-alun ini dipimpin Kapolsek Karanganyar, Iptu Nawangsih Retno Waruju.

Spanyol 1-1 Polandia: Gol Lewandowksi Selamatkan Polandia dari Kekalahan

Polandia memetik satu poin berkat Robert Lewandowski saat bermain imbang melawan Spanyol 1-1 dalam pertandingan Grup E Euro 2020.

Didominasi Varian Delta, Covid-19 Inggris Kembali Melonjak

Public Health England atau PHE menyatakan virus corona pemicu Covid-19 varian Delta yang kali pertama diidentifikasi di India dan menjangkiti Inggris.

10 Pesepak Bola Ini Pelari Tercepat di Euro 2020

Berlari adalah bagian kesuksesan pesepak bola, termasuk Leonardo Spinazzola yang berlari 33,8 km/jam dalam laga Piala Eropa atau Euro 2020.

Stok Hewan Kurban Iduladha Jateng Cukup

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Lalu Muhammad, menyebut stok hewan kurban untuk Iduladha Jateng cukup.

Iran Pilih Ebrahim Raisi Jadi Presiden Terpilih

Hakim garis keras Ebrahim Raisi terpilih sebagai presiden Iran dan ditanggapi buruk oleh Amnesty International dan Humans Right Watch.

DFSK Gelora E Jadi Pionir Mobil Listrik Komersial Ringan Indonesia

DFSK Gelora E menjadi pionir di segmen mobil listrik komersial ringan khusus model blind van dan minibus di Indonesia.

Jerman 4-2 Portugal: Dua Gol Bunuh Diri Portugal Sumbang Kemenangan Tim Panser

Jerman berhasil membalikkan keadaan dengan menang atas Portugas 4-2 pada pertandingan keduanya dalam Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Muenchen, Jerman,

Vaksinasi Dosis I Jakarta Sudah 37,9%

Pemprov DKI Jakarta melaporkan telah merealisasikan 37,9% target vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 dosis pertama.

Shenzhen Tiongkok Idap Covid-19 Delta

Kota penting di Tiongkok, Shenzhen, terkontaminasi virus corona varian delta setelah karyawan restoran terinfeksi Covid-19 varian delta.

Intip Navigasi Tripper Royal Enfield Meteor 350

Royal Enfield memperkenalkan teknologi pionir yang telah dipatenkan, yaitu navigasi Royal Enfield tripper pada lini model Meteor 350.