SOLOPOS.COM - Ilustrasi (heal

Solopos.com, SOLO – Menstruasi sering kali menyebabkan keadaan yang tak menyenangkan seperti kram, suasana hati yang buruk, serta kembung. Tahukah Anda gejala tersebut ternyata juga dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi saat menstruasi?

Healthmeup, Jumat (15/5/2014) melansir beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari saat menstruasi agar hari-hari yang Anda lalui saat menerima tamu bulanan itu tetap menyenangkan serta terbebas dari rasa sakit:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Daging Berlemak
Lemak jenuh yang terdapat pada daging dapat menambah parah sakit serta menimbulkan risiko peradangan. Hindarilah mengonsumsi daging jika Anda tengah menstruasi, jika memang ingin mengonsumsi daging pastikan Anda hanya memakan daging rendah lemah.

Makanan Ringan
Beberapa makanan ringan seperti keripik mungkin menjadi makanan yang menarik untuk dikonsumsi. Tapi ternyata makanan ringan mengandung banyak sodium yang dapat menyebabkan kembung dan rasa tak nyaman di perut. Saat menstruasi, pilihlah camilan sehat seperti kacang atau buah-buahan.

Kafein
Kafein merupakan stimulus yang dapat memperburuk suasana hati, nyeri haid, dan mengganggu kenyamanan tidur. Selama menstruasi sangat dianjurkan bagi Anda untuk menghindarinya. Minuman kaya kafein yang perlu dihindari meliputi kopi, teh, minuman berenergi dan cokelat.

Makanan Mengandung Gula
Makanan yang banyak mengandung gula seperti permen, biskuit cokelat, dan kue akan menyebabkan suasana hati Anda menjadi lebih buruk. Makanan manis juga dapat menyebabkan kram di perut menjadi lebih parah. Jika Anda ingin makan makanan manis, gantilah dengan buah manis seperti melon atau mangga.

Alkohol
Hindarilah mengonsumsi alkohol selama menstruasi. Alkohol hanya akan membuat darah yang keluar saat menstruasi menjadi lebih sedikit. Tak hanya itu, alkohol juga dapat memperparah kram dan nyeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya