TIPS KESEHATAN : Hindari Kesalahan yang Lazim Dilakukan Saat Puasa!
Ilustrasi puasa (themuslimtimes.org)

Solopos.com, SOLO – Tak hanya menjadi sarana untuk mendapatkan pahala, puasa juga terbukti membuat orang menjadi lebih sehat. Sejak zaman dahulu puasa memang telah dianjurkan sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Semua manfaat puasa dapat diperoleh jika seseorang menjalankannya dengan benar. Sayangnya, tak banyak orang mengetahui kesalahan yang mereka lakukan selama menjalankan ibadah puasa yang justru dapat berakibat fatal untuk kesehatan.

Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Makeup and Beauty, Senin (7/7/2014), berikut ini beberapa kesalahan yang lazim dilakukan seseorang saat berpuasa:

Terlalu Banyak Makan dan Minum
Tujuan utama dari puasa adalah untuk mengontrol tubuh dengan tidak memberikan apa yang diinginkannya. Tapi berpikir tentang apa yang harus makan setelah berbuka puasa untuk meluapkan hasrat makan sesuai keinginan justru akan mengarahkan Anda pada godaan yang akan merusak esensi utama puasa Anda.

Terlalu Banyak Bicara
Terlalu banyak bicara atau berolahraga selama puasa akan membuat energi Anda terkuras. Energi yang terkuras akan membuat Anda merasa ingin makan lebih banyak daripada porsi Anda yang biasanya.

Langsung Makan Berat Saat Berbuka
Sebagian orang sering kali langsung menyantap makanan berat seperti ayam goreng, gulai, maupun kue cokelat begitu waktu berpuasa usai. Hindarilah pola buka puasa semacam itu. Dalam kondisi perut kosong, sebaiknya Anda mulai mengisinya dengan makanan ringan seperti salad, buah-buahan lalu dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan berat secukupnya.

Minum Kopi dan Teh Terlalu Banyak
Jangan terlalu banyak minum kopi atau teh setelah berbuka puasa karena akan menyebabkan Anda sering buang air kecil yang mengandung mineral yang sebenarnya Anda perluka saat berpuasa. Tahukah Anda bahwa setiap satu cangkir kopi atau teh berarti Anda kehilangan satu cangkir air yang telah Anda konsumsi?

Minum Es dan Minuman Bersoda
Hindarilah minum minuman dingin atau bersoda saat berbuka puasa. Hal ini karena minuman tersebut dapat menyebabkan penyempitan kapiler lambung dan pencernaan yang akan berakibat buruk bagi kesehatan. Minuman bersoda juga dapat memenuhi isi perut dan menunda proses pencernaan. Air putih merupakan minuman yang terbaik untuk Anda konsumsi saat berbuka puasa.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho