SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah belimbing (Naturespride.eu)

Tips kesehatan kali ini mengulas seputar makanan yang bisa menimbulkan bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Solopos.com, SOLO — Beberapa makanan bernutrisi tinggi ternyata bisa menimbulkan efek buruk untuk kesehatan tubuh  jika dikonsumsi secara berlebihan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu makanan yang berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi adalah wortel. Mengapa? Simak jawabannya berikut ini, sebagaimana Solopos.com kutip dari Boldsky, Jumat (30/10/2015).

Wortel
Terlalu banyak mengonsumsi wortel ternyata membuat konsentrasi darah dan kulit lambat laun bisa berwarna oranye. Hal ini karena kandungan beta karoten yang ada pada wortel terserap oleh tubuh dalam jumlah berlebihan.

Kopi
Kopi memang minuman yang bisa menghindarkan seseorang dari rasa kantuk. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi bisa membuat gangguan sistem saraf, insomnia, tremor pada otot, dan jantung berdetak dengan sangat cepat. Jika Anda pencinta kopi, usahakan untuk mengonsumsinya maksimal dua cangkir per hari, jangan sampai lebih.

Minyak Ikan
Minyak ikan mengandung omega-3 dan lemak asam. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, kandungan dalam minyak ikan tersebut bisa membuat darah Anda berkirang. Studi ilmiah juga menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan bisa mengakibatkan keracunan vitamin A, masalah penglihatan, dan mual.

Ikan Tuna
Makan ikan tuna secara berlebihan bisa menyebabkan jumlah methylmercury dalam tubuh Anda meningkat. Jika sudah terlalu tinggi, senyawatersebut bisa menimbulkan keterlambatan perkembangan pada anak-anak. Makanan sehat ini sebaiknya Anda konsumsi sekali dalam sepekan.

Kayu Manis
Kayu manis mengandung coumarin yang dapat menyebabkan kanker atau keracunan hati, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Studi ilmiah menunjukkan tubuh hanya memerlukan sekitar

Belimbing
Belimbing adalah buah menyehatkan yang mengandung banyak mineral. Namun, apabila terlalu banyak mengonsumsi belimbing, kesehatan ginjal Anda akan terancam. Jadi, jangan berlebihan dalam mengonsumsi buah berbentuk bintang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya