SOLOPOS.COM - Ilustrasi duduk terlalu lama di meja kerja (Active.com)

Tips kesehatan kali ini membahas pentingnya istirahat dua jam sekali.

Solopos.com, SOLO — Bagi Anda yang bekerja di depan komputer setiap hari, ada baiknya mulai memperhatikan kesehatan Anda dengan meluangkan waktu istirahat. Setidaknya, lakukan peregangan setiap dua jam sekali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk menghindari efek buruk terlalu lama duduk, dr. Andi Kurniawan, SpKO berpendapat seseorang perlu melakukan aktivitas fisik.

Ekspedisi Mudik 2024

Aktivitas fisik ini bisa berbentuk apa saja, misalnya peregangan ringan. Apabila tidak melakukan aktivitas ringan selama dua jam, kolesterol baik bisa turun hingga 20 persen.

“Saat tubuh berhenti aktif dalam dua jam, kolesterol baik kita atau high-density lipoprotein (HDL) bisa turun 20 persen. Maka dari itu setiap dua jam kita duduk diam harus bergerak,” kata dr. Andi dalam acara temu media 45 Years of Celebrating Health bersama Combiphar, di Jakarta, Jumat (26/2/2016), sebagaimana dilansir Okezone, Minggu (28/2/2016).

Berdasarkan catatan World Health Organization (WHO) pada 2012, gaya hidup sedentary atau kurang gerak, setidaknya berkontribusi terhadap 3,2 juta (6%) kematian di dunia setiap tahun. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar setiap orang minimal melakukan olahraga 150 menit setiap pekan atau 30 menit tiap lima hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya