SOLOPOS.COM - Cabai (www.ogobs.com)

Tips kesehatan menyebutkan makan cabe berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya lidah.

Solopos.com, JAKARTA – Hasil penelitian menyebutkan mengonsumsi cabai berlebihan menyebabkan mati rasa pada indera pengecap (lidah). Penelitian tersebut diungkapkan oleh seorang ahli fisiologi lulusan Universitas Tubingen Jerman, Dr Grace Judio-Kahl.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Capsaisin yang bikin kita kepedasan itu bisa membuat perasa di lidah mati,” kata Grace dalam diskusi Bersama Sunpride Mendorong Masyarakat Meningkatkan Konsumsi Buah di Jakarta, Sabtu (27/6/2015).

Grace mengatakan lidah yang terbiasa dengan citarasa pedas yang luar biasa dari cabai dan produk turunannya menjadi tidak peka terhadap rasa lain. “Kebanyakan makan cabai juga membuat lidah sulit mengecap makanan dengan rasa yang halus,” katanya sebagaimana dilansir Antara.com.

Konsumsi cabai berlebihan juga menyebabkan rasa panas pada mulut hingga ke saluran pencernaan dan pembuangan pada tubuh. Grace mengatakan vitamin C yang terkandung dalam cabai masih di bawah kadar vitamin yang terkandung pada buah.

“Vitamin C dalam cabai memang lebih tinggi dibandingkan jenis sayuran lain, namun jika dibandingkan, buah tetap lebih tinggi dari cabai,” katanya. Selain menyebabkan mati rasa lidah, kata Grace, capsaisin juga memicu diare kendati konsumsi cabai bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 2 sampai 3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya