TIPS KESEHATAN : Deteksi Penyakit Lewat Mata, Ini Caranya!

Evi Handayani/JIBI/Solopos.com
Kamis, 26 Maret 2015 - 04:40 WIB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencermati mata (scienceblogs.com)

Tips kesehatan kali ini terkait dengan cara mendeteksi kesehatan lewat kondisi mata.

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda, mata bisa mencerminkan kesehatan seseorang? Dalam tips kali ini, Rabu (25/3/2015), Anda dapat mengetahui kesehatan seseorang melalui mata mereka.

Dikutip Solopos.com dari Prevention, Rabu (25/3/2015), menurut spesialis retina di California Utara, Rahul Khurana, menyatakan tips tentang cara mudah deteksi penyakit dalam tubuh.

“Hanya dengan melihat mata seseorang, kita bisa melihat arteri, vena, dan saraf, yang merupakan refleksi dari apa yang terjadi di seluruh tubuh,” kata Khurana.

Terkait dengan apa yang diutarakan Khurana tentang mata sebagai cerminan kesehatan orang, American Academy of Ophthalmology menyarankan agar setiap orang melakukan pemeriksaan mata pada usia 40.

Langkah ini akan membantu Anda mendeteksi penyakit lebih dulu, sehingga bisa mendapat penanganan lebih dini.

Stres Tinggi
Bekerja lembur dan kerap menatap layar komputer, membuat penumpukan cairan di bawah retina. Penumpukan cairan di bawah retina ini membuat pandangan mata menjadi kabur. Penyakit mata yang kabur karena stres tinggi ini disebut Centralserosa Retinopati.

Sebuah studi yang diterbitkan British Journal of Ophthalmology menemukan 37% orang yang menderita penyakit Centralserosa Retinopati tersebut menyatakan tubuh penderita berada dalam situasi tekanan tinggi.

Namun, tak jarang juga masalah pandangan mata yang kabur bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu tiga sampai empat bulan.

Tekanan Darah Tinggi
Sebuah studi dalam Journal of America Medical Association menjelaskan adanya penyempitan pada retina mata, jika seseorang memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Anda memerlukan bantuan dokter untuk memeriksa kondisi retina mata Anda karena retina mata tidak dapat kita lihat sendiri. Apabila retina mata Anda mengalami penyempitan, Anda disarankan untuk mekan lebih banyak wortel. Vitamin A dapat Anda dapatkan dari bahan makanan lain, seperti wortel, ubi jalar, bayam, dan daging sapi. Setidaknya, Anda harus mengonsumsi 700 mcg vitamin A.

Peradangan
Mata pegal saat bangun dan memerah selama sepekan dapat menjadi tanda tubuh Anda mengalami peradangan. Menurut Khurana, penderita radang yang dapat terdeteksi pada mata, kemungkinan besar akan mudah mengalami peradangan serius.

Tingkat Kecerdasan
Menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan kondisi mata dapat mengukur kemampuan kognitif Anda. Menurut seorang profesor kesehatan biobehavioral di Penn State University, Idan Shalev, mengatakan mata menjadi jendela bagi orang lain untuk mengetahui kecerdasan Anda.

Diabetes
Gangguan mata pada penderita diabetes akan terlihat saat kondisi penyakit diabetes seseorang dalam stadium kronis. Kandungan gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pelemaham pembuluh darah di retina, sehingga menyebabkan protein ke macula dan menutup jalannya oksigen serta nutrisi ke mata.

Gangguan Kesehatan Mental
Gerakan mata seseorang dapat mengindikasian beberapa gangguan pada kesehatan mental, seperti kecemasan berlebihan, skizofrenia, dan bipolar.

Salah satu contoh gerakan mata orang terindikasi mengalami gangguan mental adalah tidak melihat mata orang yang mengajaknya berbicara atau terkesan menghindari pandangan orang lain.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif