TIPS KESEHATAN : Deteksi Penyakit Lewat Mata, Ini Caranya!

 Ilustrasi mencermati mata (scienceblogs.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencermati mata (scienceblogs.com)

Tips kesehatan kali ini terkait dengan cara mendeteksi kesehatan lewat kondisi mata.

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda, mata bisa mencerminkan kesehatan seseorang? Dalam tips kali ini, Rabu (25/3/2015), Anda dapat mengetahui kesehatan seseorang melalui mata mereka.

Dikutip Solopos.com dari Prevention, Rabu (25/3/2015), menurut spesialis retina di California Utara, Rahul Khurana, menyatakan tips tentang cara mudah deteksi penyakit dalam tubuh.

“Hanya dengan melihat mata seseorang, kita bisa melihat arteri, vena, dan saraf, yang merupakan refleksi dari apa yang terjadi di seluruh tubuh,” kata Khurana.

Terkait dengan apa yang diutarakan Khurana tentang mata sebagai cerminan kesehatan orang, American Academy of Ophthalmology menyarankan agar setiap orang melakukan pemeriksaan mata pada usia 40.

Langkah ini akan membantu Anda mendeteksi penyakit lebih dulu, sehingga bisa mendapat penanganan lebih dini.

Stres Tinggi
Bekerja lembur dan kerap menatap layar komputer, membuat penumpukan cairan di bawah retina. Penumpukan cairan di bawah retina ini membuat pandangan mata menjadi kabur. Penyakit mata yang kabur karena stres tinggi ini disebut Centralserosa Retinopati.

Sebuah studi yang diterbitkan British Journal of Ophthalmology menemukan 37% orang yang menderita penyakit Centralserosa Retinopati tersebut menyatakan tubuh penderita berada dalam situasi tekanan tinggi.

Namun, tak jarang juga masalah pandangan mata yang kabur bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu tiga sampai empat bulan.

Tekanan Darah Tinggi
Sebuah studi dalam Journal of America Medical Association menjelaskan adanya penyempitan pada retina mata, jika seseorang memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Anda memerlukan bantuan dokter untuk memeriksa kondisi retina mata Anda karena retina mata tidak dapat kita lihat sendiri. Apabila retina mata Anda mengalami penyempitan, Anda disarankan untuk mekan lebih banyak wortel. Vitamin A dapat Anda dapatkan dari bahan makanan lain, seperti wortel, ubi jalar, bayam, dan daging sapi. Setidaknya, Anda harus mengonsumsi 700 mcg vitamin A.

Peradangan
Mata pegal saat bangun dan memerah selama sepekan dapat menjadi tanda tubuh Anda mengalami peradangan. Menurut Khurana, penderita radang yang dapat terdeteksi pada mata, kemungkinan besar akan mudah mengalami peradangan serius.

Tingkat Kecerdasan
Menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan kondisi mata dapat mengukur kemampuan kognitif Anda. Menurut seorang profesor kesehatan biobehavioral di Penn State University, Idan Shalev, mengatakan mata menjadi jendela bagi orang lain untuk mengetahui kecerdasan Anda.

Diabetes
Gangguan mata pada penderita diabetes akan terlihat saat kondisi penyakit diabetes seseorang dalam stadium kronis. Kandungan gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pelemaham pembuluh darah di retina, sehingga menyebabkan protein ke macula dan menutup jalannya oksigen serta nutrisi ke mata.

Gangguan Kesehatan Mental
Gerakan mata seseorang dapat mengindikasian beberapa gangguan pada kesehatan mental, seperti kecemasan berlebihan, skizofrenia, dan bipolar.

Salah satu contoh gerakan mata orang terindikasi mengalami gangguan mental adalah tidak melihat mata orang yang mengajaknya berbicara atau terkesan menghindari pandangan orang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mengenal Frederika Cull, Pemeran Miranda Layangan Putus

Bagaimanakah perasaan Frederika Cull menjadi salah satu pemeran Layangan Putus, berperan sebagai Miranda?

Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Kapolri menyebutkan, pentingnya pemberian sertifikat CSFA untuk para perwira menengah dan perwira pertama Polri agar memiliki kemampuan untuk melakukan audit.

Tak Boleh Digunakan Berdagang, Kios Darurat Pasar Legi Solo Dibongkar

Pemkot Solo juga mengimbau pedang Pasar Legi yang belum pindah ke bangunan baru Pasar Legi untuk bisa memasuki pasar sebelum peresmian dilakukan

Alasan Bank BJB Optimistis Tatap 2022 Lebih Cerah

Bank BJB pada 2021 telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi sehongga berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

Mau Liat Indekos Jokowi hingga Mahfud MD di Jogja? Kunjungi Kampung Ini

Kelurahan Terban di Kota Jogja tengah mengembangkan konsep wisata nostalgia karena di daerah itu terdapat indekos yang pernah ditempati Presiden Jokowi.

Ahli Kepolisian: Penembakan Anggota Laskar FPI Seusai Prosedur

Penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi di Tol KM 50 tidak menyalahi prosedur karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem.

Ketimpangan Pengeluaran dan Pengaruh Buta Huruf Terhadap Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran dan rasio angka buta huruf dan pengaruhnya terhadap kemiskinan.

Kisah Dibalik Perubahan Nama Yusuf Mansur, Sama-Sama 2 Kali Dipenjara

Yusuf Mansur membeberkan kisah dibalik perubahan namanya dari Jam'an Nurchotib Mansur menjadi Yusuf Mansur, yakni sama-sama pernah dua kali dipenjara.

250 Juta Liter Digelontor, Minyak Goreng Satu Harga Rp14.000 Mulai Besok

Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng Rp14.000,00 per liter akan dimulai Rabu, 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia.

Ternyata Ada Jembatan Amien Rais di Klaten, Ini Lokasinya

Jembatan itu kerap disebut dengan nama Jembatan Amien Rais lantaran pengecoran jembatan dilakukan warga memanfaatkan gelontoran bantuan dari tim Amien Rais kala menjadi capres pada Pilpres 2004.

Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Dishub Solo berharap pengerjaan peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, bisa selesai sebelum rel layang Joglo dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai.

Mengingat Lagi Maskot Persis Solo Juna si Alap-Alap

Persis Solo memiliki sebuah maskot berbentuk burung alap-alap kawah. Maskot ini sempat rutin berada di pinggir lapangan saat Laskar Sambernyawa bermain.

+ PLUS Pranata Mangsa dalam Jejak Ilmu Astronomi di Balik Kemegahan Borobudur

Pembangunan Candi Borobudur disebut menunjukkan Matematika kuno dan telah mempertimbangkan ilmu Astronomi.

Hendak Salip Truk, Pengendara Motor di Pati Meninggal

Kecelakaan maut menimpa seorang pengendara motor di Kabupaten Pati yang terlindas truk saat berusaha menyalip truk dari sisi kiri.

Jemaah Umrah Perdana di DIY Dilepas dengan Isak Tangis

Kanwil Kemenag DIY memberangkatkan jemaah umrah perdana melalui Bandara YIA, Kulonprogo, pada Selasa (18/1/2022).