SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Cegukan yang datang tiba-tiba menimbulkan rasa tidak nyaman. Meski memang tida selamanya membahayakan, cegukan bisa menjadi hal memalukan. Anda tentu pernah mengalaminya bukan?

Kebanyakan orang bakal panik saat mengalami cegukan. Biasanya, cegukan diatasi dengan cara minum air putih atau menahan napas. Namun, sebenarnya ada beberapa cara ampuh menghilangkan cegukan dalam waktu singkat. Mau tahu? Simak ulasan yang dihimpun dari Health Me Up, Selasa (9/10/2018), berikut:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menjulurkan Lidah

Saat Anda cegukan, cobalah untuk menjulurkan lidah semampu Anda sebagai salah satu cara menghentikannya. Menjulurkan lidah dapat merangsang bagian tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung membuka pita suara sehingga menghentikan cegukan.

Menekan Telapak Tangan

Menurut situs kesehatan Reader Digest, Kanada menunjukkan menekan telapak tangan dapat mengatasi cegukan karena mengalihkan perhatian sistem saraf.

Terkejut

Suruhlah teman Anda untuk menakut-nakuti atau mengejutkan Anda dengan tiba-tiba. Cara ini dapat memenuhi saraf vagus yang dapat mengatasi cegukan.

Menarik Napas

Tariklah napas dalam-dalam dan mengambil udara melalui mulut tanpa menghembuskannya. Tahan beberapa saat dengan hidung yang tertutup. Lalu hembuskan jika Anda sudah tak mampu menahannya, lakukan ini beberapa kali hingga cegukan Anda benar-benar hilang.

Menutup Telinga

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi cegukan adalah menutup telinga Anda dengan jari tangan.

Menelan Air Sambil Menahan Napas

Sambil menahan hidung Anda, cobalah untuk menelan air. Cara ini dapat membantu Anda meringankan cegukan. Tak hanya minum air, makan sesendok gula juga dipercaya dapat meringankan cegukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya