SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan jantung (JIBI/Solopos/Antara)

Tips kesehatan mengantisipasi serangan jantung.

Harianjogja.com, SLEMAN — Cara menghindari serangan jantung dapat dimulai dengan memperhatikan asupan sehari-hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ahli Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM), Toto Sudargo menyampaikan penyakit jantung dapat dicegah dan dikendalikan dengan mengubah gaya hidup dan diet. Diet sehat dapat dilakukan dengan menjaga asupan protein, garam, lemak dan memperbanyak konsumsi buah serta sayur.

Dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, terima, Kamis (6/10/2016), anjuran konsumsi protein per orang per hari adalah 0,8 gram/kg berat badan. Sedangkan konsumsi garam 5 gram perhari, sementara bagi penderita hipertensi sekitar  2-3 gram per hari. Sementara itu, anjuran konsumsi buah dan sayur sebanyak 5 porsi per hari.

Saat Talkshow Kesehatan Jantung dan Gaya Hidup Masyarakat Moderen di Perpustakaan FK UGM, Toto menyebutkan terdapat sejumlah bahan makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa di antaranya seperti salmon, ikan tuna, ,sarden, dan ikan kembung. Bahan lain seperti minyak zaitun, gandung, apel, anggur merah, tomat, kedelai, coeklat, dan kacang hijau baik dikonsumsi karena dapat menurunkan kolesterol LDL, anti inflamasi, menyegah penyempitan pembuluh jantung, serta bersifat antioksidan.

Pakar kesehatan masyarakat FK UGM, Yayi Suryo Prabandari menyampaikan sejumlah tips guna menghindari penyakit jantung, salah satunya dengan tidak merokok. Data Riset Kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan prevalensi penyakit jantung koroner yang lebih tinggi pada kelompok orang yang pernah rutin merokok dibanding  dengan yang sama sekali tidak merokok.

Selain tidak merokok, penyakit mematikan ini dapat dicegah dengan rajin olah raga atau melakukan aktivitas fisik, menjaga pola makan sehat, serta menghindari atau mengelola stress dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya