Kategori: Artis

TIPS KESEHATAN : Beracun! 7 Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan Ulang


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com

Tips kesehatan kali ini tentang tujuh makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang karena akan beracun.

Solopos.com, SOLO – Memanaskan kembali masakan yang hendak dimakan sudah jadi kebiasaan bagi para ibu rumah tangga. Kebanyakan dari mereka melakukan hal itu dengan alasan agar makanan lebih enak disantap. Makanan yang hangat memang lebih menggugah selera. Namun, bukan berarti Anda harus memanaskan ulang makanan tersebut.

Pasalnya, tidak semua makanan yang dipanaskan ulang baik bagi kesehatan. Makanan yang dipanaskan ulang bisa memicu penyakit seperti tumor dan kanker. Lantas, makanan apa saja yang sebaiknya tidak dipanaskan ulang? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Pop Sugar, Rabu (23/8/2017) berikut:

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya protein yang disukai banyak orang. Telur hangat memang sangat nikmat disantap bersama nasi dan sambal. Tapi, setelah dingin telur biasanya akan berbau amis. Guna menghilangkan bau amis, kebanyakan orang memilih memanaskan telur sebelum menyantapnya.

Tapi, memanaskan telur yang sudah dimasak justru mengubah vitamin dan protein menjadi racun. Hal ini juga merusak nutrisi yang terkandung pada kuning telur. Jika nekat disantap, Anda mungkin akan mengalami gangguan pencernaan hingga keracunan.

Ayam

Memanaskan kembali ayam yang sudah dimasak juga tidak benar. Cara ini membuat kandungan protein pada ayam berubah menjadi racun yang berbahaya bagi kesehatan. Kendati demikian, bukan berarti Anda tak boleh memanaskan ayam. Anda tetap bisa memanaskan ayam dengan cara dikukus. Jangan pernah memanaskan ayam dengan cara digoreng. Karena, proses menggoreng ulang ayam akan memicu timbulnya zat penyebab kanker.

Sayuran hijau

Sayuran hijau juga tidak boleh dipanaskan ulang karena akan merusak vitamin dan serat di dalamnya. Jika dipanaskan ulang, warna hijau pada sayur akan berubah kehitaman. Perubahan warna ini menandakan perubahan nutrisi dalam sayur menjadi zat pemicu kanker.

Jamur

Jamur merupakan sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Selain itu, jamur juga mengandung mineral, vitamin, asam amino, dan antioksidan yang berperan penting menjaga kekebalan tubuh. Sebaiknya, konsumsilah makanan olahan jamur selagi hangat. Sebab, menyantap jamur yang dipanaskan ulang menimbulkan gangguan pencernaan.

Gorengan

Makan tempe goreng, bakwan, serta pisang goreng yang sudah dingin tentu kurang nikmat. Tapi, menggoreng kembali makanan itu bukan solusi yang tepat. Makanan yang digoreng kembali akan menyerap banyak minyak yang menyebabkan kolesterol hingga kanker.

Kentang dan nasi

Makanan yang merupakan sumber karbohidrat ini ternyata juga tidak boleh dipanaskan ulang. Proses pemanasan tersebut menimbulkan senyawa beracun yang membahayakan tubuh. Jika ingin tetap hangat, Anda bisa menyimpan nasi dan kentang ke dalam magic jar. Tapi, bagi penderita diabetes maupun yang sedang diet akan lebih baik mengonsumsi makanan tersebut dalam kondisi dingin. Sebab, dalam kondisi dingin jumlah kalorinya akan berkurang.

Share
Dipublikasikan oleh
Septina Arifiani