SOLOPOS.COM - Nyamuk demam berdarah (Dok. JIBI/Harian Jogja)

Tips kesehatan memberikan cara agar rumah Anda terbebas dari nyamuk.

Solopos.com, SOLO — Musim hujan telah tiba, serangan nyamuk menjadi ancaman. Ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu nyamuk paling mengancam adalah Aedes aegypti. Nyamuk ini umumnya berkembang biak di rumah penduduk. Jenis nyamuk ini menyukai air bersih. Mempunyai sifat yang khas, mengisap pada waktu pagi dan sore hari, senang hinggap di gantungan baju, dan berkembang biak di tempat penampungan air bersih seperti bak mandi, tempayan, tempat minum burung dan barang-barang bekas yang dibuang sembarangan yang pada waktu hujan terisi air.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hindari pakaian yang digantung, karena nyamuk senang hinggap di pakaian yang digantung,” kata Peneliti dari Divisi Tropik dan Penyait Menular FKUI RSCM dr. Erni Juwita Nelwan, SpPD di kawasan SCBD, Rabu (17/2/2016).

Sementara itu, Principal Architect Atelier Riri, Riri Novriansyah mengatakan, nyamuk yang suka bersarang di lingkungan yang lembab, dingin, dan gelap sebenarnya dapat dicegah melalui beberapa pendekatan terkait dengan desain bangunan.

Salah satunya adalah dengan mengupayakan agar bangunan rumah memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan alami baik melalui jendela mau pun dari atas. Selain itu, jaga kebersihan rumah dan lingkungan, serta tanam beberapa jenis tanaman yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk seperti lavender.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya