SOLOPOS.COM - Ilustrasi calon konsumen memilih baju baru. (Nurul Hidayat/JIBI/Solopos)

Tips kesehatan kali ini terkait dengan alergi yang mungkin Anda derita gara-gara baju baru.

Solopos.com, SOLO — ”Baju baru, alhamdulillah….” kata syair lagu anak-anak yang biasa diputar kala Lebaran tiba. Punya baju baru memang menyenangkan, namun mengenakan baju yang baru dibeli bukan tanpa risiko. Baju baru yang langsung dikenakan tanpa mencucinya terlebih dulu berpotensi menimbulkan alergi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (20/5/2015), Profesor Donald Belsito, ahli Dermatologi dari Columbia University Medical Centre (Pusat Medis Universitas Kolumbia), New York, Amerika Serikat, mengatakan bahwa pakaian harus segera dicuci minimal sekali setelah dibeli. Jika tidak dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikenakan, bahan kimia dari proses produksi pakaian tersebut dapat menyebabkan alergi pada kulit. Orang dengan jenis kulit sensitif bisa mengalami ruam-ruam dan gatal-gatal.

Lebih lanjut Profesor Belsito menjelaskan bahwa pewarna sintetis pada pakaian seperti pewarna azo-anilin juga berisiko menyebabkan alergi. Oleh karena itu, pencucian lebih dari sekali setelah pembelian menjadi dianjurkan agar pewarna sintetis tersebut tidak begitu berdampak buruk.

Pakaian juga mungkin dicoba oleh banyak calon pembeli lain kala dipajang di toko. Hal itu juga berpotensi menularkan penyakit kulit, seperti kudis, panu dan sejenisnya. Bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. (Azizah/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya