SOLOPOS.COM - Ilustrasi (thepoke.co.uk)

Tips kesehatan kali ini mengenai bahaya cotton bud untuk membersihkan telinga.

Solopos.com, SOLO — Banyak orang membersihkan telinga menggunakan cotton bud karena dikira lebih aman dan lembut. Padahal, ada bahaya serius yang mengancam di balik penggunaan benda mungil itu.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (7/10/2016), padahal membersihkan cotton bud memicu gangguan pendengaran. Berikut ini bahayanya membersihkan telinga menggunakan cotton bud:

1. Melukai Gendang Telinga

Menempelkan apapun ke dalam lubang telinga membahayakan pendengaran Anda. Apalagi bila mengoreknya terlalu ekstra, bisa menyebabkan kerusakan pada telinga secara permanen.

2. Menghalangi Lubang Telinga

Kapas yang merupakan bahan yang digunakan cotton bud bisa menyangkut di lubang telinga. Maka hati-hati dan hindarilah penggunaan cotton bud untuk menggunakan telinga karena sisa-sisa kapas yang menempel di telinga bisa menghalangi lubang pendengaran Anda.

3. Kotoran Jadi Pelumas Telinga

Tidak seperti dipikirkan kebanyakan orang, kotoran yang menempel pada telinga manusia justru menjadi pelumas dengan catatan telinga memproduksi serumen (cairan) dalam jumlah normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya