SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang bangun tidur (Bradleygauthier.com)

Tips kesehatan menyebutkan kurang tidur dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Solopos.com, SOLO –  Menurut penelitian, kurang tidur mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang berakibat meningkatnya risiko penyakit jantung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Okezone dari Medicalnewstoday, Rabu (7/9/2016) Jurnal Scientific Reports menemukan kurang tidur menyebabkan perubahan dalam gen dan dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Orang yang mengalami gangguan tidur memiliki kadar kolesterol baik yang lebih sedikit daripada mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.

Kolesterol baik dalam tubuh bertugas untuk menghilangkan kadar kolesterol buruk dari pembuluh darah. Sebab, kolesterol buruk berkontribusi memicu penumpukan plak di pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Tim peneliti melakukan analisis eksperimental dan epidemiologi kepada peserta. Untuk analisis eksperimental, para peneliti mendaftarkan 21 peserta yang diminta untuk tidur dalam kondisi laboratorium terkontrol selama lima malam.

Durasi tidur 14 peserta dibatasi hanya empat jam setiap malam, sementara tujuh peserta yang tersisa menikmati tidur yang cukup setiap malam. Sampel darah diambil dari seluruh subjek selama penelitian berlangsung. Kemudian tim menganalisis ekspresi gen dan tingkat lipoprotein.

Dibandingkan dengan peserta yang memiliki tidur yang cukup, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengalami gangguan tidur telah mengurangi ekspresi gen yang mengkode untuk tingkat lipoprotein, yaitu, ada berkurang aktivitas pada gen yang bertugas mengatur kadar kolesterol.

“Penelitian eksperimental membuktikan bahwa hanya satu minggu, peserta dengan gangguan tidur mulai merubah respon kekebalan tubuh dan metabolisme. Tujuan kami selanjutnya adalah menentukan dampak gangguan tidur terhadap dua perubahan tersebut,” kata Vilma Aho, rekan penulis dalam penelitian itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya