Tutup Iklan

TIPS KESEHATAN : 7 Tips Biar Mahasiswa Tetap Bugar

 Ilustrasi mahasiswa makan menu sehat (Aiila.in)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa makan menu sehat (Aiila.in)

Tips kesehatan ini mengulas tentang hal-hal yang harus dilakukan mahasiswa bisa bergaya hidup sehat.

Solopos.com, SOLO — Menjadi mahasiswa terkadang melelahkan. Tugas dan kewajiban yang menumpuk pun membuat mahasiswa sering dihampiri rasa stres. Berikut ini adalah tujuh tips yang dapat dilakukan mahasiswa agar tetap sehat.

Dihimpun Solopos.com dari laman Huffingtonpost pada Kamis (3/3/2016), kiat-kiat tersebut antara lain:

Atur Pola Makan
Makan makanan sehat dapat membantu meningkatkan sistem imun. Namun, bagi sebagian besar mahasiswa hal ini sulit untuk diterapkan. Fast food dan menu enak lainnya akan lebih mudah dilirik oleh kalangan mahasiswa meskipun makanan tersebut jauh dari sehat.

Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya Anda sarapan setiap pagi. Jika  Anda terburu-buru pergi, konsumsilah sereal atau pisang yang tidak hanya mengenyangkan namun juga dapat menyingkat waktu.

Saat larut malam dan perut terasa keroncongan, konsumsilah camilan yang lebih sehat. Misalnya, Anda bisa makan pizza dengan toping sayuran. Anda juga dapat mengonsumsi buah, kacang-kacangan, roti atau keju sebagai camilan.

Pastikan tubuh Anda mencerna makanan yang sederhana, bervariasi dan seimkbang. Terapkan pola makan ”empat sehat lima sempurna” untuk menjaga kesehatan Anda.

Olahraga
Mencari waktu untuk dapat berolahraga secara khusus mungkin terdengar sulit. Untuk itu, cara paling mudah yang dapat diterapkan mahasiswa adalah berjalan kaki ke kampus. Anda dapat berangkat ke kampus lebih awal dengan berjalan kaki. Namun, jika memang memungkinkan, sempatkan untuk pergi ke tempat fitness untuk menjalani latihan fisik secara intens.

Cukup Tidur
Begadang hingga larut malam saat akan tes boleh saja dilakukan. Namun, jangan sampai hal ini Anda jadikan sebagai kebiasaan. Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan fungsi otak, sakit kepala hingga penurunan dan peningkatan berat badan.

Seseorang dalam usia mahasiswa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam sehari untuk tidur. Kekurangan atau kelebihan waktu tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan tertentu.

Untuk itu, pergunakan waktu yang Anda miliki sebaik mungkin. Tepati jadwal yang Anda miliki dengan baik dan hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur.

Rajin Mencuci Tangan
Mahasiswa sering sekali terserang flu. Untuk menghindari hal itu, cucilah tangan dengan rajin agar terhindar dari tertular penyakit tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan dapat mencegah penularan berbagai penyakit. Untuk menjaga kesehatan, cucilah tangan Anda sebelum makan, saat akan mengucek mata atau saat Anda berinteraksi dengan orang yang sedang sakit.

Hindari Minum Kafein
Minuman berkafein seperti soda dan minuman penambah energi dapat membantu Anda agar tidak mudah mengantuk. Namun, minuman tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan jangka panjang.

Kafein serta gula yang terdapat dalam minuman ini dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Jika Anda ingin meningkatkan energi, maka konsumsilah makanan dengan kandungan protein dan serat yang tinggi.

Banyak Minum Air
Minum banyak air dapat membantu tubuh tetap segar. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan mencegah nafsu makan yang berlebihan. Selain itu, dengan banyak minum air tubuh bisa mendapatkan energi tambahan yang sangat bermanfaat. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)


Berita Terkait

Berita Terkini

Vaksin AstraZeneca Tidak Diminati Lansia Klaten

Lansia di Klaten lebih suka vaksin Sinovac daripada vaksin AstraZeneca.

Manchester United vs Arsenal: Ujian Berat Tanpa Rangnick

Manchester United bakal melakoni laga berat saat menjamu Arsenal dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB.

C20 Ingatkan G20 Harus Lekas Mengatasi Kesenjangan Vaksinasi Global

Indonesia akan fokus mengerjakan tiga hal, yaitu penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Kapan SNMPTN 2022 Dibuka? Cek Sekarang, Jadwalnya Sudah Keluar Hlo!

Kira-kira kapan sih penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN 2022 dibuka? Ini hlo ada jadwal lengkapnya yang bisa kamu lihat di sini!

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Solopos Hari Ini: Janji Struktur Upah Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akhirnya menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 tak jauh dari kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang hanya 0,78%.

Lagi Turun Nih! Cek Harga Emas di Pegadaian Kamis 2 Desember 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (2/12/2021) terpantau turun dari harga kemarin.

Diet dengan Minum Air Putih, Aman Bagi Kesehatan?

Tidak sedikit orang melakukan diet dengan cara minum air putih, namun apakah itu aman bagi kesehatan?

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Doa Supaya Lancar Menagih Utang dan Biar Cepat Dilunasi Menurut Islam

Berikut ini terdapat doa supaya lancar menagih utang menurut ajaran Islam biar cepat dilunasi oleh pengutang.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.