SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/examiner.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas soal makanan yang bisa membuat perut kembung.

Solopos.com, SOLO — Setidaknya, ada tujuh makanan yang bisa memicu kembung pada perut Anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil penelitian dari The International Journal of Clinical Practice, makanan Fodmaps, bisa menimbulkan kembung di perut. FODMAPs merupakan singkatan dari makanan yang mengandung Oligosakarida, Disakarida, Monosakarida, dan Polyols.

“Karbohidrat ini sulit diserap di usus kecil dan cepat difermentasi oleh bakteri dalam saluran pencernaan,” kata Julia Greer, asisten profesor kedokteran di University of Pittsburgh, sebagaimana dilansir Prevention, Sabtu (17/10/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Proses fermentasi inilah yang lantas menghasilkan gas dan menyebabkan perut kembung.

Untuk mengurangi kembung, Greer menyarankan agar seseorang berbaring, bergerak, dan minum air hangat untuk membantu gelembung gas keluar.

Sementara itu, sebagai upaya pencegahan, Lin Chang, profesor kedokteran di UCLA David Geffen School of Medicine, menyarankan agar dalam keseharian tidak berlebihan saat mengonsumsi tujuh makanan yang memicu perut kembung.

Beberapa di antara tujuh makanan itu adalah yogurt, sayuran kelompok kubis, brokoli, dan kembang kol.

Yogurt
Yogurt disebut baik untuk probiotik di perut. Perlu Anda ketahui, ada yogurt yang kandungan laktosa molekul gulanya akan difermentasi dan akhirnya membuat gelembung gas.

Namun, Greer memberi catatan, tidak semua yogurt menyebabkan kembung. Yogurt yang mengandung kandungan gula 12 gram dan banyak protein adalah jenis yogurt yang aman untuk perut Anda..

Sayuran Kubis
Sayur-sayuran kubis, brokoli, dan kembang kol mengandung karbohidrat yang disebut raffinose. Sayangnya, usus kecil dalam perut kita tidak bisa memecah raffinose dengan sempurna dalam proses pencernaan.

Hasilnya, saat makanan kubis, brokoli, dan kembang kol masuk ke usus besar, akan difermentasi oleh bakteri. Di proses inilah yang kemudian menghasilkan gelembung-gelembung dalam perut.

Kacang
Kulit ari adalah bagian dari kacang yang paling berkontribusi dalam membuat perut kembung. Untuk menghindari kembung saat makan kacang, sebaiknya Anda merendam kacang selama semalaman.

Bawang
Karbohidrat yang ada pada bawang, dapat menyebabkan masalah pada perut Anda. “Makanan seperti daun bawang dan bawang merah menyebabkan peningkatan kadar air dalam usus,” jelas Chang. Peningkatan kadar air inilah yang membuat perut kembung.

Semangka
Semangka mengandung fruktosa yang menyebabkan perut kembung dan bila sudah berelebihan dalam mengonsumsi semangka, bisa sampai diare.

Permen Karet
Permen karet mengandung pemanis sorbitol dan xylitol yang menyebabkan perlambatan proses penyerapan makanan di usus kecil. Akibatnya, jenis gula ini dapat menyebabkan gas pada perut.

Gandum
Gandum masuk sebagai makanan yang bisa menyebabkan perut kembung. Ini akan mudah terjadi kepada orang yang intoleransi gluten, karena ususnya tidak bisa menyerap protein gluten yang ada dalam gandum. Zat serat tersebut tidak bisa larut dan akan difermentasi oleh bakteri, lantas menimbulkan gas dalam perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya