Ilustrasi wanita hamil. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kabar duka tentang artis Irish Bella yang mengalami keguguran menjadi trending topic di Indonesia. Irish Bella keguguran saat usia kehamilannya memasuki bulan keenam atau tepatnya 27 pekan.

Irish Bella dan Ammar Zoni pun harus merelakan bayi kembar yang diidamkan selama ini. Lantas, tahukah Anda apa yang menyebabkan keguguran pada trimester kedua seperti dialami Irish Bella?

Dikutip dari Very Well Family, Senin (7/10/2019), janin yang meninggal pada usia lebih dari 20 pekan disebut dengan kelahiran mati (still birth). Artinya, janin telah memasuki tahap mampu bertahan hidup di luar rahim, namun meninggal di dalam kandungan.

Baca juga: Bayi Kembar Ammar Zoni & Irish Bella Meninggal di Kandungan

Keguguran pada trimester kedua umumnya terjadi akibat gangguan kromosom pada bayi. Namun, ada beberapa hal lain yang juga mengakibatkan gangguan kehamilan hingga mengakibatkan keguguran.

Nah, berikut beberapa penyebab keguguran pada kandungan di trimester kedua:

Kromosom abnormal

Hampir semua keguguran disebabkan oleh gangguan kromosom. Pada trimester kedua, faktor ini memengaruhi sekitar 25 persen kasus keguguran.

Baca juga: Arti Nama Bayi Kembar Irish Bella dan Ammar Zoni

Gangguan plasenta

Keguguran bisa juga disebabkan masalah plasenta atau biasa dikenal dengan istilah placental abruption. Plasenta yang melekat di dinding rahim berperan memberi nutrisi ke janin lewat tali pusar. Jika terjadi gangguan plasenta, maka perkembangan janin terganggu akibat kurang nutrisi.

Infeksi

Infeksi rahim yang tidak diobati bisa menyebabkan persalinan mendadak bahkan keguguran.

Penyakit kronis

Penyakit kronis yang diderita ibu hamil juga meningkatkan risiko keguguran.

Baca juga: Ini Riwayat Kesehatan Irish Bella Selama Hamil Bayi Kembar

Trauma abdominal

Luka akibat kecelakaan, jatuh, tertabrak, dan lain sebagainya di bagian perut dapat melukai ibu dan janin yang juga mengakibakan keguguran.

Cacat bawaan

Kelainan jantung atau otak pada janin yang masih dalam tahap berkembang berefek buruk pada kehamilan. Bisa jadi janin tidak berkembang dan akhirnya si ibu mengalami keguguran.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten