SOLOPOS.COM - Ilustrasi Menu Sarapan (dinesrestaurant.com)

Tips kesehatan untuk sarapan pagi yang bergizi.

Solopos.com, SOLO – Sarapan pagi akan menghasilkan energi bagi tubuh dan otak. Kandungan makanan untuk sarapan berperan penting agar tubuh dan otak tetap sehat dan bugar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip Solopos.com, Jumat (21/8/2015) dari laman Health.com, pakar nutrisi di Clay Health Club and Spa, New York, Amerika Serikat, Erica Giovinazzo, mengatakan bahwa makanan untuk sarapan pagi harus mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang baik bagi tubuh.

Berikut adalah makanan untuk sarapan pagi yang disarankan oleh Erica Giovinazzo:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum. Oatmeal sangat cocok untuk sarapan karena mengandung omega 3, asam folat, dan potasium. Oatmela juga mengandung serat beta-glucan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein dan vitamin D. Telur dianggap cocok untuk makanan diet penderita kolesterol. Giovinazzo menerangkan, “Jika Anda ingin mengonsumni protein dengan kadar lemak dan kolesterol yang rendah, maka telur adalah makanan yang cocok.”

3. Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki kadar air tinggi. Hal ini akan membantu memenuhi cairan tubuh yang di pagi hari agar tidak mengalami dehidrasi atau kekeringan.

4. Kopi

Rasa pahit kopi tidak hanya membuat Anda terbangun dari rasa kantuk. Kopi mengandung zat yang dapat mengurangi risiko kanker prostat dan diabetes. Penelitian di Amerika Seikat menunjukkan kopi memiliki kadar antioksidan tinggi.

5. Roti

Roti adalah makanan yang mengandung karbodidrat yang berperan sebagai sumber utama energi tubuh. Giovinazzo menyarankan untuk menyantap roti dengan mentega atau selai rendah lemak. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya