SOLOPOS.COM - Pisang (wartabepe.staff.ub.ac.id)

Tips kesehatan kali ini tentang tiga makanan yang efektif mencegah penyakit asma.

Solopos.com, SOLO — Penyakit asma bisa menyerang siapa saja. Beberapa hari lalu, istri Tukul Arwana, Susiana atau akrab disapa Susi Similikiti, meninggal dunia diduga karena penyakit asmanya kambuh.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada dan batuk-batuk. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun bisa menyebabkan kematian, penyakit asma bisa dicegah dengan beberapa makanan atau buah yang sehat. Berikut ini lima makanan yang efekif bisa mencegah penyakit asma sebagaimana dihimpun dari Boldsky, Kamis (25/8/2016):

Apel

Apel dapat melindungi Anda terhadap serangan asma karena mengandung quercetin. Mengonsumsi apel secara teratur bisa mencegah penyakit asma yang sering menyerang tubuh secara tidak terduga.

Jahe

Kita semua tahu jahe adalah makanan antiinflamasi yang kuat. Bahkan lebih baik daripada obat untuk mengatasi masalah peradangan. Jahe juga dapat membersihkan saluran napas tersumbat agar lancar kembali.

Bayam

Bayam adalah makanan super yang dapat mencegah asma. Bayam memiliki banyak kandungan magnesium, vitamin E, beta karoten dan vitamin C.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa mengatasi serangan penyakit asma. Alpukat mengandung L-glutathione yang bisa mencegah serangan asma secara tiba-tiba.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah favorit pencegah asma dan mengatasi masalah pernapasan. Bukan hanya itu, pisang juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan atau diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya