SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut rontok (Healthmeup.com)

Tips kesehatan ini mengenai kesehatan rambut.

Solopos.com, SOLO – Rambut yang kerap rontok menyebabkan seseorang kurang percaya diri. Kerontokan rambut ternyata bukan hanya disebabkan oleh hormon saja.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Makanan pun ternyata bisa menyebabkan kerontokan rambut. Nah, makanan apa saja yaang menyebabkan rambut seseorang mengalami kerontokan?

Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Senin (15/6/2015), berikut adalah beberapa makanan yang menyebabkan rambut seseorang rontok.

Roti

Roti tawar dan kue ternyata bisa menyebabkan kerontokan rambut. Pasalnya, kedua jenis makanan tersebut mengandung kadar gula serta kalori yang tinggi. Mengonsumsi makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Peningkatan kadar gula darah dalam tubuh itu dapat memicu stres yang mengakibatkan kerontokan rambut.

Di samping itu, kedua jenis makanan tersebut kurang bernutrisi bagi tubuh, kususnya rambut. Mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang berlebih justru menyebabkan rambut rontok.

Snack Kemasan

Camilan kemasan seperti keripik kentang, keripik singkong, wafer dan lain sebagainya juga dapat menyebabkan rambut Anda rontok. Sebab, makanan tersebut mengandung pengawet dan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan. Terlebih jika yang digunakan adalah bahan pengawet dan pewarna yang tidak boleh digunakan untuk makanan.

Penggunaan bahan pengawet serta pewarna yang berbahaya tersebut bukan menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Melainkan juga memicu kanker.

Pemanis Buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Karena pemanis buatan mengganggu kinerja hormon yang menutrisi rambut.

Mengonsumsi makanan berpemanis buatan secara terus-menerus menyebabkan penipisan rambut.

Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi membuat seseorang terjaga dalam waktu yang lebih lama. Di samping itu, mengonsumsi kopi secara berlebihan juga menyebabkan seseorang mengalami insomnia atau gangguan tidur. Insomnia itulah yang memicu kerontokan rambut. Sebab, jika seseorang sulit tidur, maka regenerasi sel-sel dalam tubuh menjadi terhambat. Hal itulah yang kemudian menyebabkan kerontokan rambut.

Gorengan

Makan makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang tinggi. Selain memicu kenaikan berat badan, lemak jenuh juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang itulah yang menyebabkan kerontokan rambut.

Di samping itu, membeli makanan yang digoreng alias gorengan yang dijajakkan dipinggir jalan juga bisa memicu kerontokan rambut. Sebab, makanan tersebut tidak terjamin kebersihannya. Makanan yang tidak bersih itu bisa saja terkontaminasi bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

Asupan yang berlebihan dari makanan berlemak dan goreng harus dihindari karena dapat menyebabkan rambut rontok. Mereka mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan dengan demikian rambut rontok. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya