SOLOPOS.COM - Ilustrasi (marketipe.com)

Ilustrasi (marketipe.com)

Ilustrasi (marketipe.com)

Kadang-kadang buat mengatrol gengsi di hadapan orang lain, kita suka berpura-pura dan justru menyembunyikan Jika ya, maka sebenarnya pada saat bersamaan kita juga membohongi diri sendiri. Namun apakah kamu yakin sudah merasa nyaman? Jika tidak maka kamu harus mulai mendengarkan diri sendiri dan lakukanlah hal-hal yang Anda sukai. Jangan lakukan hal yang dapat menyakiti orang lain. Dikutip dari Magforwomen.com inilah 5 tips yang bisa kamu ikuti untuk menjadi diri sendiri.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Jangan bohongi diri sendiri dengan apa yang kamu pikirkan
Terkadang saat melakukan sesuatu kamu pasti pernah berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa apa yang Anda lakukan benar, meskipun sebenarnya hatimu berkata tidak. Jangan pernah bohongi diri sendiri, sekali kamu melakukannya, maka kebiasaan ini akan terus berulang. Kamu mungkin akan mengatakan apa yang kamu lakukan ini benar walaupun jelas-jelas hal itu justru tidak baik untukmu.

Pikirkanlah kenyamanan dirimu sendiri
Sebelum kamu mulai menjadi diri sendiri, kamu harus yakinkan diri sendiri terlebih dahulu. Lalu, pikirkanlah hal-hal menyengkan apa yang akan kamu lepaskan setelah menjadi diri sendiri. Jangan lupa buatlah catatan dan daftar hal-hal baik lainnya jika kamu menjadi diri sendiri. Catatan ini akan menjadi dukungan positif untuk Anda dan akan membantu kamu menghadapi apapun rintangan untuk menjadi diri sendiri.

Daftarlah apa saja hal yang tidak baik untukmu
Buatlah semacam daftar catatan tentang hal-hal yang buruk dan tidak disukai saat kamu berpura-pura menjadi orang lain. Tulislah kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan saat dirimu menjadi orang lain. Sudah pasti kamu tidak ingin melakukan kesalahan yang sama bukan? Bacalah catatan tersebut ketika kamu mulai tidak yakin dan goyah untuk menjadi diri sendiri.

Bicarakan dengan teman atau orang tua
Saat kamu mulai tidak yakin dengan keputusan untuk menjadi diri sendiri, maka cara yang paling efektif adalah bicarakan pada orang lain tentang hal ini. Kamu bisa curhat dengan teman atau orang tua tentang apa yang sebaiknya dilakukan. Dengan membicarakan hal tesebut dengan orang lain, maka kamu dapat memecahkan masalah dan juga bisa mengetahui apakah sebenarnya kamu telah membohongi diri sendiri atau tidak.

Jujur pada diri sendiri
Memang sulit untuk jujur pada diri sendiri. namun, dengan jujur pada diri sendiri akan membantumu menemukan apa yang sebenarnya yang kamu inginkan. Misalnya, cobalah pakaian superketat atau yang tidak cocok denganmu dan lihatlah ke dalam cermin. Katakan pada diri kamu bahwa pakaian itu tidak cocok untukmu dan kamu harus segera menggantinya, sebelum ada orang lain yang mengatakannya terlebih dulu. Segala sikap dan emosi terkadang memang dapat menghambatmu untuk jujur pada diri sendiri. Dengarlah apa yang ada dalam hatimu dan lakukanlah apa yang seharusnya kamu lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya