SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi: Bahan-bahan rumahan bisa mengusir warna kegelapan di ketiak. (armpit.info)

Tips kecantikan kali ini membahas cara mengusir ketiak gelap.

Solopos.com, SOLO — Warna kulit ketiak yang hitam biasanya membuat wanita tidak percaya diri. Meski letaknya tersembunyi, yaitu di bawah lipatan lengan, namun tidak sedikit wanita merasa terganggu dengan ketiak berwarna gelap. Beragam cara dilakukan untuk memutihkan kulit ketiak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tahukah Anda bahwa warna gelap kulit di daerah ketiak biasanya bukan disebabkan oleh penyakit atau kondisi medis. Kulit ketiak menghitam dapat dianggap sebagai respons kulit dari paparan unsur-unsur tertentu, mirip dengan tan atau kulit yang menggelap yang dihasilkan dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Beberapa penyebab utama ketiak gelap adalah karena cukur, penggunaan rutin krim penghilang rambut, keringat berlebihan, memakai busana yang membuat ketiak tidak bisa “bernafas”, akumulasi sel-sel kulit mati, dan penggunaan deodoran berbasis alkohol dan antiperspirant.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip dari top10homeremedies.com, belum lama ini, Anda dapat dengan mudah menyingkirkan ketiak gelap menggunakan bahan rumahan sederhana yang aman, efektif, alami dan terjangkau. Berikut caranya:

Kentang
Kandungan asam ringan dalam kentang adalah agen pemutih ketiak yang sangat bermanfaat. Berbeda dengan zat pemutih kuat lainnya, pemakaian kentang tidak akan menyebabkan iritasi kulit. Caranya mudah, cukup gosok sepotong tipis kentang pada ketiak Anda.

Anda juga dapat memarut kentang dan menerapkan jusnya ke daerah yang bermasalah, biarkan hingga kering selama 15 sampai 20 menit dan kemudian membilasnya dengan air hangat. Gunakan salah satu dari cara ini dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

Mentimun
Sama seperti kentang, mentimun juga memiliki sifat pemutih alami untuk membantu mencerahkan kulit yang berubah warna. Anda hanya perlu menggosok sepotong mentimun tipis di ketiak atau parut mentimun dan mengaplikasikannya di bawah lengan Anda. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

Pilihan lain adalah untuk mengekstrak jus dari mentimun dan mencampurnya dengan sedikit bubuk kunyit dan jus lemon. Oleskan pada bagian ketiak yang gelap. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air. Ulangi cara ini sekali sehari atau setiap hari untuk hasil terbaik.

Lemon
Lemon bekerja sebagai pemutih alami serta agen antibakteri dan antiseptik yang kuat. Inilah sebabnya mengapa lemon digunakan dalam pengobatan berbagai masalah yang berhubungan dengan kulit termasuk ketiak gelap. Lemon dapat membuat kulit kering, sehingga gunakanlah pelembap setelah melakukan perawatan dengan lemon.

Untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan ketiak Anda, gosok irisan lemon pada kulit selama beberapa menit. Diamkan selama sekitar 10 menit dan kemudian cuci area secara menyeluruh. Untuk eksfoliasi kulit yang lebih baik, Anda dapat menabur sedikit gula pada irisan lemon dan kemudian menggunakannya.

Lakukan ini beberapa kali sepekan. Pilihan lain adalah mencampur sedikit bubuk kunyit, madu atau yogurt di jus lemon dan aplikasikan ke ketiak Anda. Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas. Lakukan perawatan ini sebanyak tiga atau empat kali sepekan.

Soda kue
Soda kue bisa digunakan untuk membuat scrub eksfoliasi untuk menyingkirkan ketiak gelap. Cara ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, yang merupakan salah satu penyebab utama ketiak gelap. Soda kue juga akan membantu menyingkirkan kotoran dari pori-pori ketiak.

Caranya adalah campur baking soda dan air untuk membuat pasta tebal dan gunakan untuk menggosok ketiak Anda. Bersihkan kemudian tepuk kering daerah tersebut secara menyeluruh. Ulangi beberapa kali seminggu. Anda juga dapat mengaplikasikan campuran sedikit bubuk soda kue di bagian ketiak

Kulit jeruk
Kulit jeruk dapat digunakan untuk mencerahkan kulit di bawah lengan Anda karena sifatnya yang memutihkan dan ampuh mengeksfoliasi kulit. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai kering sepenuhnya kemudian giling ke bentuk bubuk.

Campur dua sendok teh kulit jeruk bubuk dengan air dan susu yang cukup untuk membuat pasta tebal. Gosok lembut ketiak Anda dengan pasta tersebut dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Langkah terakhir adalah membilasnya dengan air dingin. Ulangi proses dua atau tiga kali sepekan.

Minyak kelapa
Minyak kelapa merupakan pilihan yang baik untuk menyingkirkan ketiak gelap karena mengandung vitamin E yang dapat membantu meringankan warna ketiak. Pada saat yang sama, minyak kelapa juga bekerja sebagai deodoran alami yang efektif.

Caranya, pijat bagian ketiak yang gelap dengan minyak kelapa dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelahnya, cuci dengan sabun lembut dan air hangat. Ulangi dua atau tiga kali sehari sampai Anda mencapai hasil yang diinginkan.

Susu
Vitamin dan asam lemak hadir ada dalamm kandungan susu dan dapat membantu meminimalisir warna gelap di ketiak. Selain itu, susu akan melembutkan kulit dan membuat warna kulit lebih ringan. Caranya, campur dua sendok makan susu penuh lemak, satu sendok tepung dan satu sendok teh yogurt untuk membuat pasta tebal.

Oleskan pada ketiak Anda dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Ulangi beberapa kali dalam sepekan secara teratur.

Pilihan lain adalah dengan merendam beberapa potongan kunyit di dua sendok teh susu selama 15 sampai 20 menit. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu. Oleskan campuran tersebut pada ketiak Anda dan diamkan setidaknya 20 sampai 30 menit sebelum mencucinya.

Cuka
Cuka juga dapat menyelamatkan Anda ketika Anda ingin menyingkirkan ketiak gelap. Obat ini tidak hanya akan meringankan warna kulit, tetapi juga akan membunuh kuman dan bakteri yang memakan sel-sel kulit mati yang menyebabkan bau ketiak.

Campur tepung beras dengan cuka untuk membentuk pasta kental. Saat mandi dengan air panas, aplikasikan pasta ini pada ketiak Anda. Diamkan hingga pasta kering selama 10 sampai 15 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali dalam sepekan.

Cendana
Cendana merupakan bahan yang berguna untuk menyingkirkan ketiak gelap karena sifat pencerah kulit yang dimilikinya. Menggunakan air mawar untuk membuat pasta akan menambahkan efek pendinginan dan melembutkan pada kulit. Aroma cendana juga akan membantu menyingkirkan bau badan karena keringat berlebihan.



Campur dua sendok makan bubuk cendana dan dua sampai tiga sendok makan air mawar untuk membuat pasta tebal. Oleskan pasta pada ketiak Anda. Biarkan selama sekitar 15 menit atau sampai mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Jika diulang setiap hari, obat ini akan membantu meminimalisasi warna gelap pada ketiak Anda dalam beberapa hari.

Tepung kacang garbanzo
Bahan lain untuk menyingkirkan ketiak gelap adalah tepung kacang garbanzo. Anda dapat menggunakan tepung ini untuk membuat paket pemutih buatan sendiri. Campur dua sendok makan tepung, satu sendok teh yogurt dan jus lemon, dan bubuk kunyit untuk membuat pasta tebal.

Oleskan pasta ini pada ketiak Anda. Biarkan selama setidaknya 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini setiap hari selama dua minggu. Kemudian ulangi tiga kali dalam sepekan sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya