SOLOPOS.COM - Ilustrasi perawatan dengan susu (Facetofeet.com)

Tips kecantikan ini mengulas manfaat susu untuk kulit wajah dan rambut.

Solopos.com, SOLO — Susu merupakan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, susu juga bermanfaat bagi keindahan kulit wajah dan rambut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Sabtu (20/2/2016), inilah sederet kegunaan susu bagi kecantikan wajah dan rambut.

Pembersih
Susu dapat berperan sebagai pembersih wajah. Cairan ini dapat mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada pori-pori kulit.

Celupkan cotton bud ke dalam beberapa tetes susu cair. Oleskan dan gosokkan ke kulit beberapa kali. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air dingin. Kotoran dan debu pun terangkat dari kulit Anda.

Pemutih
Campuran susu dan sedikit lemon merupakan zat pemutih kulit alami yang paling baik.

Campurkan susu, madu, dan sedikit perasan lemon. Kemudian, oleskan pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat lalu bilas wajah dengan air. Campuran ini bermanfaat untuk menghilangkan bercak hitam di kulit serta mencerahkan wajah.

Scrub
Susu juga dapat berperan sebagai scrub alami. Haluskan beberapa butir kacang almond kemudian campurkan dengan susu cair secukupnya. Gunakan scrub alami ini untuk menghilangkan komedo dan bercak hitam di wajah.

Toner
Susu dapat digunakan sebagai toner atau penyegar bagi kulit wajah Anda. Cairan ini berperan mengurangi minyak pada kulit serta melembabkannya.

Anda dapat mencelupkan kapas dalam susu cair, kemudian mengoleskannya ke seluruh wajah. Diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

Pencegah Jerawat
Susu berperan menekan jumlah minyak pada kulit, sehingga mencegah timbulnya jerawat. Cairan ini juga dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat susu dalam menghilangkan jerawat, Anda cukup mengoleskannya ke kulit yang sedang meradang. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

Conditioner
Susu berfungsi sebagai conditioner alami  bagi rambut. Susu sangat baik jika diaplikasikan pada rambut secara teratur. Cairan ini dapat menyehatkan kulit kepala dan akar rambut. Selain itu, susu juga dapat menghitamkan rambut.

Masker Rambut
Susu dapat digunakan untuk masker rambut. Jika Anda menginginkan rambut indah dan sehat, ada baiknya jika Anda mengaplikasikan masker susu ini sebelum mencuci rambut.

Cara membuat masker rambut ini adalah campur susu dengan sedikit pisang lembut. Oleskan pada kulit kepala kemudian diamkan sejenak hingga bahan tersebut meresap sempurna. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya