SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemakaian lip balm saat bibir kering (Absolutehealth.com)

Tips kecantikan tentang penyebab lip balm membuat bibir kering semakin parah.

Solopos.com, SOLO – Cuaca panas membuat bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi ini menimbulkan rasa perih dan tak nyaman. Salah satu cara yang dianggap ampuh mengatasi kondisi ini adalah mengoleskan pelembap bibir alias lip balm.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tapi, tahukah Anda penggunaan lip balm justru memperparah kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah? Jika dilakukan terus menerus, kulit luar bibir akan mengelupas dan membuatnya teriritasi. Mengapa demikian?

Dikutip Solopos.com dari Absolute Health, Jumat (15/9/2017), formula pada lip balm hanya berfungsi untuk menjaga kelembapan, bukan menyembuhkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Sejumlah pakar dermatologi menerangkan lip balm mengandung bahan yang membuat kulit kering seperti hyaluronic acid dan gliserin.

Kedua bahan yang mudah menguap ini menghilangkan kelembapan kulit terutama di lingkungan yang kering. Bahan itu memang biasa dicampur dalam produk perawatan wajah khusus untuk kulit berminyak. Sebab, kedua bahan ini mampu menahan keringat dan minyak yang keluar sehingga membuat wajah tetap segar. Sayangnya, bahan ini tidak cocok dipakai di bibir yang kulitnya lebih sensitif.

Kedua bahan itu akan semakin berbahaya dengan campuran mentol yang biasa terkandung pada lip balm. Selain itu, zat pewarna pada lip balm juga semakin memperparah kondidi bibir kering. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari memakai lip balm saat bibir bermasalah.

Sebenarnya, ada cara alami yang ampuh mengatasi dan merawat bibir kering. Tak perlu repot membeli salep atau obat lainnya, cukup oleskan mentega atau minyak goreng pada bagian bibir. Kandungan lemak alami pada kedua bahan itu mampu meredakan peradangan dan membuat bibir lembap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya