SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci beras (ricecookerss.com)

Solopos.com, SOLO – Sebagian wanita mendambakan kulit yang cerah. Demi mendapatkannya, terkadang mereka mencoba berbagai produk pemutih yang cukup mahal harganya. Padahal, untuk mendapatkan kulit yang cerah tak selamanya harus merogoh kocek terlalu dalam.

Sebagaimana dilansir laman Healthmeup, Jumat (22/5/2015), cukup dengan memanfaatkan hal sepele seperti air cucian beras, Anda bisa tampil lebih menawan. Bagaimanakah caranya?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum menanak nasi, Anda pasti akan mencuci berasnya terlebih dahulu. Nah, usahakan air cucian beras pertama yang cenderung keruh ini tidak dibuang. Mengapa? Karena, air cucian beras memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan.

Berbagai produk kecantikan yang beredar luas di pasaran saat ini, sebagian memasukkan beras dalam komposisinya. Hal itu membuktikan bahwa beras mengandung banyak manfaat bagi kecantikan. Bahkan air bekas cuciannya pun bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Air cucian beras kaya akan vitamin dan mineral serta asam amino yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Anda bisa menggunakan air cucian beras tersebut sebagai masker wajah maupun rambut. Mau cara pemanfaatannya? Simaklah uraian di bawah ini:

Pembersih Wajah
Air cucian beras ini dipercaya mampu membersihkan dan menyegarkan kulit wajah. Caranya, rendamlah beberapa potongan kapas dalam air tersebut kemudian sapukanlah ke wajah Anda. Cara ini dapat meghapus kotoran dan menghilangkan minyak berlebih di wajah. Membersihkan wajah dengan air beras setiap hari juga dapat mencerahkan kulit.

Masker Wajah
Air cucian beras ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Memakai masker air beras ini mampu mencerahkan dan melembutkan kulit wajah. Caranya, oleskan air cucian beras tersebut ke wajah dan tutup dengan kain tipis. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Mengaplikasikan masker air cucian beras ini juga mampu mengencangkan kulit wajah.

Menghilangkan Jerawat
Air beras juga mampu menghilangkan bekas jerawat dan menghaluskan kulit wajah. Cara menggunakan air beras untuk menghilangkan bekas jerawat tidak terlalu rumit. Pertama, cucilah wajah Anda dengan air hangat. Kemudian, siapkan beberapa potong kapas dan celupkan ke dalam air cucian beras tersebut. Setelah itu, tempelkan kapas tersebut kebagian wajah yang berjerawat, biarkan sampai mengering. Setelah selesai, bilaslah wajah Anda dengan air bersih.

Merawat Rambut
Ingin rambut kuat, bercahaya dan tidak bercabang? Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan air cucian beras. Air beras dapat membantu menutrisi rambut secara optimal. Caranya, tuangkan air cucian beras pada rambut yang telah diberi sampo, kemudian tutup menggunakan handuk. Setelah 30 menit, bilaslah rambut Anda dengan air bersih. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya