SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang keramas (Stylecaster.com)

Tips kecantikan kali ini mengulas soal cara benar mencuci rambut.

Solopos.com, SOLO — Jangan sembarang mencuci rambut. Alih-alih menjaga kecantikan rambut, ada hal-hal sepele saat orang mencuci rambut yang justru bisa membuat mahkota kepala itu kusut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penata rambut terkemuka di New York, Nunzio Saviano dan Kyle White, lead colorist di Oscar Blandi Salon, berbagi tips cara tepat mencuci rambut.

Pertama, White dan Saviano menyarankan, sebelum menuangkan sampo pada rambut, pastikan dulu seluruh rambut telah terbilas air. Di tahap ini, ia menyarankan kepada Anda untuk menggunakan air hangat.

“Air hangat akan membuka kutikula, yang baik untuk menghialngkan kotoran atau hal-hal yang terperangkap di rambut,” kata White, sebagaimana dilansir Sportonlinegroup, Minggu (21/2/2016).

Sementara Saviano menjelaskan,“Ketika rambut Anda dicuci dengan air hangat, itu akan mengeluarkan lemak melalui kulit kepala dan membuka kutikula sehingga mudah menyerap kandungan minyak dalam kondisione.”

Langkah kedua, buatlah sampo berbusa di bagian kulit kepala. Jangan di bagian rambut yang menjuntai.

“Anda hanya perlu mengeramasi rambut di bagian kulit kepala, terutama pada tengkuk,” kata Saviano.

Di titik ini, jangan menggunakan gerakan memutar, karena bisa membuat rambut Anda kusut. Ratakan busa dengan gerakan lurus ke helai rambut.

“Gerakan pijitan vertikal dengan tekanan sedang bisa meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut,” ujar White.

Kemudian, langkah ketiga, campur kondisioner rambut di tengah-tengah Anda berkeramas. Tak perlu menambahkan sampo lagi, kecuali jika rambut Anda benar-benar kotor.

Langkah keempat, bilas dengan air dingin. Air dingin ini berfungsi untuk menutup kutikula yang tadi terbuka, secara rapat.

“Air dingin akan menutup kutikula dengan rapat,” kata White.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya