SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut rontok (Healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Ketombe yang sering kali hadir di kulit kepala memang menjengkelkan. Berbagai usaha yang sudah dilakukan terkadang hanya sia-sia. Padahal tatkala ketombe bertahan di kulit kepala, rambut menjadi rontok dan mudah rapuh.

Mengatasi ketombe memang butuh proses dan ketelatenan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe seperti dilansir health me up, Rabu (18/12/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Memilih Sampo yang Tepat

Pilihlah sampo yang tepat untuk kulit dan rambut Anda. Selanjutnya, bersihkan rambut secara menyeluruh mulai dari kulit kepala hingga batang rambut. Faktanya mencuci rambut yang tidak menyeluruh hingga di kulit kepala hanya akan membuat kulit kering dan bersisik.

 

Cuci Rambut secara Teratur

Cucilah rambut Anda secara teratur, jika tidak maka kebiasaan buruk semacam ini bakal meningkatkan jumlah sel kulit mati yang akan menyebabkan ketombe. Keramas dan memijat rambut juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan dan tekstur rambut.

 

Hindari Terlalu Sering Mengubah Gaya

Kelewat kerap mengganti gaya rambut berarti juga akan semakin sering Anda menggunakan produk salon untuk rambut Anda. Penggunaan produk-produk tersebut terlalu sering bisa jadi juga memicu timbulnya ketombe.

 

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin B

Menurut para ahli, mencegah ketome juga bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin B, contohnya telur, susu dan tomat.

 

Hindari Hair Dryer

Hindari mengeringkan rambut dengan menggunakan pengering atau hair dryer. Penggunaan hair dryer akan menyebabkan kulit kering dan mudah terkelupas, selain itu pengering juga mengurangi kelembaban kulit kepala yang membuatnya mudah rapuh dan patah.

 

Hindari Minyak Rambut

Minyak rambut ternyata hanya akan membentuk lapisan di kulit kepala yang mencegah kelembaban alami memasuki kulit Anda. Jadi Anda tidak disarankan menggunakan minyak rambut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya